Ilustrasi mimpi
Relationship

Sering Lupa, Berikut 6 Cara agar Anda dapat Mengingat Mimpi

Jessica Gabriela Soehandoko
Selasa, 31 Agustus 2021 - 18:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Terkadang ketika kita mengalami mimpi yang indah, kita seringkali berandai bagaimana cara dapat mengingat mimpi yang lebih baik dan detail.

Namun, semakin Aneh mimpi yang kita miliki, maka semakin buruk ingatan Anda. Saat Anda terbangun, mimpi yang aneh juga akan sulit untuk digambarkan sehingga semakin sulit untuk diingat. Jika mimpi mengikuti jalur logis, maka otak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dan menyimpannya dalam memori.

REM (Rapid eye movement) merupakan fase dimana anda tertidur dan kemungkinan bermimpi. Namun ketika Anda terbangun, tampaknya terdapat hubungan antara mimpi dengan proses memori dan detailnya melibatkan neurokimia kita, yakni lebih spesifiknya berada dalam level noradrenalin. Ketika noradrenalin kita tinggi, maka kita menjadi lupa.

Lalu, apa yang dapat menyebabkan noradrenalin kita tinggi? Jawabannya bisa saja dikarenakan alarm. Hal tersebut terjadi dikarenakan lonjakan kadar noradrenalin sebagai reaksi saat alarm berbunyi.

Selain itu, jika Anda juga kurang tidur dan tidur terlalu cepat, Anda tidak akan mengalami mimpi hipnogogi atau proses yang dilalui otak Anda ketika ‘dimatikan’ untuk tidur dengan benar (lebih dari 15-20 menit).

Namun, jika Anda sangat kurang tidur dan tertidur dengan cepat (di bawah 15 menit), maka otak Anda tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan ‘mimpi awal’ untuk memulai malam.

Lalu, bagaimana apa yang dapat Anda lakukan ingin mengingat mimpi?

Dilansir dari Psychologytoday, berikut 6 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengingat mimpi oleh Dr. Michael Breus, spesialis di bidang permasalahan tidur yang bersertifikat, pakar, dan penulis.

1. Tidurlah sesuai dengan kronotipe Anda dan konsisten

Dengan cara ini, maka Anda tidak akan tertidur terlalu cepat atau lambat, dikarenakan Anda akan tidur pada waktu yang tepat untuk pola tidur Anda, dan bangunlah tampa alarm. Keduanya baik untuk memori mimpi.

2. Lakukan meditasi atau relaksasi

Beri diri Anda 20 menit untuk meditasi atau relaksasi dalam kegelapan saat tertidur, dan Anda bisa mendapatkan mimpi hipnogogi.

3. Bangunlah pelan-pelan

Saat terbangun, usahakan bangun secara perlahan dan janganlah melompat dari tempat tidur. Cobalah untuk mengingat apa yang Anda impikan. Hal ini mungkin akan memakan waktu satu sampai dua hari, namun Anda akan mendapatkan pada akhirnya.

4. Minum tiga gelas besar air sebelum tidur

Hal ini akan mendorong Anda untuk buang air kecil beberapa kali sepanjang malam. Dalam sebagian besar waktu, tubuh Anda akan membangunkan Anda untuk buang air kecil tepat setelah siklus REM, saat Anda kemungkinan besar akan mengingat mimpi Anda.

5. Ucapkan untuk diri sendiri

Walaupun hal ini tidak terlalu ilmiah, namun metode ini tampaknya dapat berhasil. Anda dapat mengatakan saat tertidur, seperti “saya ingin mengingat mimpi saya”.

6. Tuliskan mimpi Anda di pagi hari

Setelah Anda membiarkan pikiran Anda selama 5 menit, mulailah menuliskan semua yang dapat Anda ingat dari mimpi itu. Dengan latihan, maka Anda dapat mulai mengingatnya lebih lengkap dan lebih cepat.

Namun, perlu diketahui untuk Anda, bahwa jangan coba ini jika Anda tidak ingin mengingat setiap mimpi dikarenakan tidak dapat diubah dengan mudah. Jika Anda mengalami trauma, mimpi buruk, dan lain-lainnya, maka Anda harus berbicara dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro