Tenaga kesehatan memakai APD
Health

Rumah Oksigen Gotong Royong Jadi Fasilitas Isolasi Pasien Covid-19

Ni Luh Anggela
Kamis, 2 September 2021 - 13:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19  dan mempermudah pemantauan pasien, kini Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) dimanfaatkan sebagai fasilitas isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan.
 
Rumah Oksigen Gotong Royong diinisiasi GoTo Group, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia,PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, Tripatra Engineers and Constructors,Halodoc beserta Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) sebagai upaya bahu-membahu dan gotong royong pihak swasta, pemerintah dan mitra strategis menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

Arsjad Rasjid, Ketua Umum KADIN Indonesia mengatakan, menyediakan ROGR sebagai fasilitas isolasi terpusat ibarat ‘sedia payung sebelum hujan’.
 
“Sehingga, saat terjadi lonjakan kasus seperti beberapa waktu lalu, ROGR bisa membantu mengurangi tekanan terhadap bed occupancy rate (BOR) rumah sakit. Masyarakat pun tidak perlu bingung mencari fasilitas isolasi mandiri yang dilengkapi dengan akses oksigen dengan pantauan langsung dari tenaga kesehatan.” kata Arsjad, mengutip siaran pers yang diterima Bisnis.com, Kamis (2/9/2021).
 
Dengan menjalani isolasi di ROGR, Andre Soelistyo, CEO GoTo berharap, dapat meringankan kekhawatiran keluarga pasien dan mencegah penularan ke anggota keluarga lain yang serumah.
 
“Pasien akan mendapatkan perawatan sesuai dengan panduan Kemenkes dan dipantau 24 jam oleh tenaga kesehatan dan dokter profesional. Kami percaya dengan keberadaan ROGR akan mendukung upaya bangsa Indonesia untuk bangkit bersama dari pandemi.” kata Andre.
 
Rumah Oksigen Gotong Royong terletak di kawasan Pulogadung Jakarta Timur dan memiliki akses oksigen langsung melalui pipanisasi dari Pabrik PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group). Operasional ROGR Pulogadung dikelola oleh tenaga kesehatan berpengalaman dari RSDC Wisma Atlet, yang merupakan kolaborasi dari TNI, POLRI, IDI dan relawan Kemenkes RI.

Lebih dari 30 perusahaan telah memberikan dukungan terhadap Rumah Oksigen Gotong Royong, yaitu: Accenture, Adaro, Alfamart, Astra International, Bank Aladin, Bank Jago, Bank Sinar Mas, BIBIT, Djarum Foundation, East Ventures, GIC, Google.org, Harum Energy Group, IDS Medical, Jarvis Asset Management, Kalbe Farma, Kearney, KKR, Lippo Group, Mandiri Sekuritas, Northstar Foundation, Novell Pharmaceutical, PLN, Protelindo Telekomunikasi Indonesia, Provident, PT Triputra Agro Persada Tbk, Relawan Anak Bangsa (RAB), Tanoto Foundation, Telkomsel, dan VISA.
 
Rumah Oksigen Gotong Royong Pulogadung telah beroperasi sejak 2 Agustus lalu dan bisa merawat pasien Covid-19  yang memiliki gejala ringan, dengan saturasi oksigen sama dengan atau lebih dari 90 persen, dan tidak memiliki komorbid atau memiliki komorbid terkontrol. Pasien yang dirawat di ROGR Pulogadung tidak akan dikenai biaya alias gratis dan mendapatkan makanan bergizi tiga (3) kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro