Ilustrasi/Lifehacker
Relationship

Twitter dan Sejumlah Bank Kolaborasi Kampanyekan Edukasi Keamanan Data

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 8 September 2021 - 17:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bertepatan dengan momen Hari Pelanggan Nasional, Twitter Indonesia bersama dengan Bank BTPN, blu by BCA Digital, BCA, BNI, menggelar program kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu.

Program ini terinspirasi dari Bank Indonesia sebagai pencetus pesan keamanan bagi masyarakat Indonesia agar semakin waspada dari berbagai modus penipuan yang terjadi.

Modus kejahatan digital akan terus berkembang, namun risiko kerugian dapat diminimalkan dengan penambahan keamanan dari penyedia layanan dan peningkatan kesadaran pengguna layanan untuk terus melindungi informasi rahasia dan pribadi miliknya. Kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini merupakan awal dari kegiatan edukasi keamanan yang akan dilakukan secara berkelanjutan.

Program kolaborasi lintas institusi dan sektoral ini secara simbolis juga ditandai dengan penggunaan logo kampanye edukasi #DatamuRahasiamu. Kedepannya akan ada serangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan oleh masing-masing bank dan institusi yang bergabung dalam kampanye ini, serta kegiatan bersama.

Harapannya, semakin banyak lagi mitra yang bergabung untuk menyampaikan edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini untuk menjangkau masyarakat lebih luas lagi sehingga akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang paham akan perlindungan informasi rahasia dan pribadi miliknya.

Dwi Adriansah, Country Industry Head, Indonesia, Twitter, menyampaikan, menjaga agar semua orang tetap aman dan terlindungi adalah satu satu prioritas utama kami di Twitter.

"Dengan perkembangan dan adopsi teknologi yang semakin pesat, data pribadi menjadi hal yang sangat berharga. Dengan berkolaborasi di kampanye #DatamuRahasiamu, Twitter berkomitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih mengerti mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan data, terutama ketika sedang berada di ranah digital” katanya..

Anton Daryono, Direktur Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengawas Spesialis - DSSK (Departemen Surveilans Sistem Keuangan) Bank Indonesia mengatakan melihat akselerasi digital yang semakin cepat tentunya harus diikuti dengan kewaspadaan akan beragam modus kejahatan siber yang terus berkembang. Dia berharap kolaborasi ini, edukasi mengenai keamanan perbankan dan pentingnya menjaga data pribadi semakin diterima oleh masyarakat yang lebih luas lagi.

Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN emngatakan sesuai dengan semangat Jenius untuk terus berkokreasi dan berkolaborasi, tentunya edukasi keamanan melalui kegiatan #DatamuRahasiamu akan semakin maksimal jika dapat dilakukan bersama demi terwujudnya ekosistem perbankan yang aman.

"Untuk itu, kami mendukung penuh kegiatan #DatamuRahasiamu dan terus menambah keamanan di Jenius. Agar pemahaman masyarakat mengenai keamanan semakin optimal, Jenius memperkenalkan laman www.jenius.com/pages/jeniusaman yang berisikan informasi keamanan digital terkini,” katanya. 

Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication BCA Digital, mengatakan kolaborasi ini melibatkan stakeholders dari berbagai pihak untuk edukasi keamanan yang komprehensif dan impactful.

Penting bagi masyarakat modern untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan teknologi agar tidak memberi celah untuk oknum yang tidak bertanggungjawab.

Senior Vice President Marketing Communication BCA Norisa Saifuddin, mengatakan keamanan bertransaksi digital merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia layanan perbankan maupun penggunanya. Harapannya melalui kolaborasi ini dapat meningkatkan tingkat edukasi nasabah mengenai pentingnya menjaga data pribadi.

Rian Eriana Kaslan, Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI turut menyampaikan ketertarikannya untuk terlibat dalam kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu berharapa kampanye inipengguna bisa lebih memahami bahwa menjaga dan melindungi data pribadi adalah juga merupakan tanggung jawab personal pengguna layanan.

Pengguna layanan bisa lebih berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengaku sebagai petugas bank.

"Menurut kami, kolaborasi campaign #DatamuRahasiamu yang diikuti oleh partner-partner besar seperti ini sangatlah penting untuk mengedukasi nasabah kami akan pentingnya menjaga data rahasia pribadi. Kami sebagai pihak Bank juga memiliki tanggung jawab besar terhadap keamanan data rahasia nasabah, yang salah satu bentuknya dengan terus konsisten memberikan edukasi kepada nasabah terkait bahaya dari cybercrime. Harapannya dengan adanya campaign besar terkait Rahasia Data seperti ini, nasabah dapat semakin menjaga kerahasiaan datanya," ujarnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro