Ilustrasi/Slideshare
Relationship

6 Cara Menghadapi Bos yang Pemarah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 September 2021 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki atasan atau bos yang baik dan pengertian adalah hal yang sangat didambakan oleh semua pegawai.

Tapi, sayangnya tidak semua atasan bisa bersikap seperti itu.

Kadang, ada atasan yang terlalu menekan, intimidasi dan seringkali marah bahkan untuk hal-hal kecil.

Tentu saja hal ini membuat Anda merasa gerah dan tidak nyaman dalam bekerja bukan?

Jika Anda kebetulan memiliki atasan atau bos yang pemarah, berikut tips yang bisa Anda terapkan seperti dilansir dari Times of India :

1. Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan

Sulit ketika bos Anda meneriaki Anda dan mungkin Anda agak tergoda untuk membela diri dan membalas. Tetapi Anda harus tetap diam dan menunjukkan pada mereka bahwa Anda mendengarkan dengan bahasa tubuh dan ekspresi wajah Anda. Biarkan mereka melampiaskannya dan kemudian merespons jika Anda harus.

2. Pengakuan

Jika Anda melakukan kesalahan, maka pengakuan adalah hal paling penting untuk menghindari bos Anda makin marah. Ini akan mendorong mereka untuk memberikan umpan balik yang membantu daripada membuatnya marah.

3. Ulangi kata-kata yang tepat

Langkah selanjutnya, ulangi apa yang mereka katakan dengan nada tenang tetapi tidak menggunakan kata-kata yang sama. Ini hanyalah cara untuk mengatakan bahwa Anda mendengarkan dan mengarahkan percakapan ke arah yang lebih ringan dan positif. Jangan mengulang atau menggunakan kata-kata negatif.

4. Kata Maaf

Sering terjadi bahwa beberapa bos meneriaki Anda tanpa alasan tapi ada kalanya juga karena kesalahan Anda. Untuk merebusnya, minta maaf jika Anda salah, itu akan berhasil meredakannya. Kemudian sama-sama saling melupakan sehingga tidak ada kata atau perasaan kesal di kemudian hari.

5. Bertanya

Setelah mereka tenang, temui dia dan tanyakan bagaimana Anda bisa mengatasinya dan memperbaikinya. Jika mereka tidak menyarankan apa pun, Anda coba memberikan solusi yang paling Anda pahami. Setelah mereka setuju pada salah satu dari solusi itu, pastikan Anda menyimpannya dan menerapkannya dalam pekerjaan Anda.

6. Konsultasi ke Bagian Sumber Daya Manusia

Jika atasan atau bos Anda marah di luar proporsi, dan omelan mereka melewati batas, Anda harus mendekati HR Anda. Tidak ada salahnya membela diri sendiri selama Anda tahu Anda tidak bersalah. Tapi pastikan Anda punya banyak bukti kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro