pulau-pulau karst di Wayaq, Raja Ampat/Antara
Travel

Liburan ke Raja Ampat, Berapa sih Biaya yang Anda Perlukan?

Ayyubi Kholid Saifullah
Rabu, 15 September 2021 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dipuji sebagai tujuan impian bagi para penyelam, kepulauan Raja Ampat di Indonesia Papua Barat kini memikat wisatawan dari semua jenis dengan janji-janji pulau tropisnya dan petualangan yang akan Anda dapatkan ketika ke sana.

Sekilas liburan ke Raja Ampat butuh biaya yang lumayan. Namun, dengan beberapa tips, menjelajahi Raja Ampat bisa menjadi kenyataan bahkan bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas.

Raja Ampat hanya dapat diakses melalui Sorong, Papua Barat. dibutuhkan 10 dolar atau sekitar 140 ribu rupiah untuk membeli tiket kapal feri ekspres umum dari Sorong.

Sedangkan untuk mencapai sorong Anda bisa memilih menggunakan pesawat atau kapal. Jika Anda ingin lebih hemat dalam perjalanan kapal adalah solusi yang tepat walau harus menghabiskan waktu lebih lama dalam perjalanan.

Dikutip dari beberapa maskapai penerbangan nasional, harga tiket pesawat dari Jakarta-Sorong sekitar Rp1,7 hingga Rp1,9 juta sekali jalan. Artinya, untuk pulang pergi dibutuhkan dana sekitar Rp3,8 jutaan.

Untuk penginapan, harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung kelas hotel, Semisal untuk kelas homestay dibanderol mulai dari Rp300.000an untuk weekdays. Sedangkan kelas resort bisa mencapai Rp3 jutaan di weekdays.

Bekeliling di Raja Ampat dengan menggunakan perahu untuk menuju antar pulau yang ada disekitar adalah salah satu bagian paling mahal dari mengunjungi Raja Ampat.

Oleh karena itu, memilih pulau untuk menginap berdasarkan kedekatannya dengan aktivitas pilihan adalah hal penting untuk lebih menghemat biaya.

Pulau-pulau yang terletak di Selat Dampier mudah diakses dari Waisai dan dekat dengan tempat menyelam dan snorkeling yang fantastis.

Arborek memiliki desa kecil di Papua dan dekat dengan lokasi menyelam dan snorkeling manta ray.

Kri menawarkan pantai pasir putih murni dan salah satu situs menyelam terbaik di wilayah lepas pantai.

Gam dan Waigeo sangat cocok untuk trekking, melihat satwa liar,

Beberapa homestay juga menawarkan kesempatan untuk menikmati keajaiban bawah laut Raja Ampat dengan biaya yang lebih murah daripada biaya resor dan perahu liveaboard.

Namun, apabila Anda mengambil tawaran dari homestay pastikan pemandu bersertifikat dengan benar dan peralatan terpelihara dengan baik.

Tidak hanya aktivitas menyelam. Namun, dengan terumbu dangkal dan kehidupan laut yang terlihat di semua kedalaman, snorkeling adalah alternatif yang sangat baik untuk Anda yang sedang tidak ingin menyelam.

Sebagian besar homestay menyewa peralatan dengan harga sekitar 5 dolar atau sekitar 70 ribu rupiah per hari nya.

Ada juga tawaran untuk sekedar berjalan jalan di laut dengan menyewa perahu, atau Trekking dan melihat satwa liar paling baik dilakukan dengan pemandu lokal yang disewa melalui homestay Anda.

Raja Ampat menjadi salah satu rekomendasi sebagai tempat berwisata yang masuk ke dalam daftar liburan Anda. Namun, coba lah untuk berpergian dengan rekan kerja atau teman agar biaya lebih terjangkau. Seperti penginapan atau penyewaan untuk kegiatan pembayarannya bisa dibagi bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro