Giring Ganesha/istimewa
Entertainment

Selain Giring eks Nidji, 9 Penyanyi Ini Juga Jadi Politisi

Aliftya Amarilisya
Kamis, 23 September 2021 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Banting setirnya musisi dan penyanyi ke ranah politik bukan hal baru lagi di Indonesia. Sebut saja Giring Ganesha atau yang lebih dikenal sebagi Giring eks Nidji.

Lelaki kelahiran 1983 itu terjun ke politik sebagai kader dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di bawah naungan Grace Natalie. Pada 2019 lalu, ia pun pernah mencalonkan diri sebagai caleg. Tapi sayang, dirinya gagal lolos menduduki kursi Senayan.

Namun demikian, tentu bukan hanya Giring yang rela melepas karier bermusiknya lalu masuk ke ranah politik. Sejumlah seleb berikut ini diketahui juga memilih untuk menjadi politisi.

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Ahmad Dhani
Ahmad Dhani resmi menjadi kader Gerindra pada tahun 2017 lalu. Pentolan grup band Dewa-19 tersebut sempat maju di pemilihan bupati Bekasi sebagai calon wakil bupati bersama dengan Sa'duddin. Namun, mereka kalah suara dengan petahana Neneng Hasanah Yasin dan Eka Supria Atmaja.

2. Charly Van Houten
Vokalis grup Setia Band ini terjun ke politik dengan bergabung ke Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sayang, partai yang menaunginya tidak memenuhi ambang batas parlemen sebesar 4 persen pada Pemilu 2019, sehingga ia pun tidak bisa menduduki kursi di Senayan.

3. Ian Kasela
Pemilik nama asli Iandika Mulya Ramadhan ini sempat mencalonkan diri dalam Pemilu Legislatif 2019. Ia maju sebagai caleg dari PDI Perjuangan untuk Dapil Kalsel I.

4. Riefian Fajarsyah
Vokalis grup band Seventeen ini juga sempat mencalonkan diri sebagai calon legislatif pada tahun 2019. Ia merupakan kader dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

5. Anang Hermansyah
Pada 2014, dengan didukung oleh Partai Amanat Nasional, Anang berhasil menjadi anggota DPR RI dan masuk dalam Komisi X yang menangani urusan pendidikan, olahraga, dan sejarah.

6. Desy Ratnasari
Kader Partai Amanat Nasional ini sukses menjalankan kariernya di bidang politik. Ia sempat menjadi anggota DPRD Jawa Barat untuk periode 2014-2019. Lalu, saat ini Desy kembali terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

7. Krisdayanti
Pada Pemilu 2019 lalu, ibu kandung Aurel Hermansyah ini berhasil lolos sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 mewakili Dapil Jawa Timur V. Beberapa waktu lalu, ia pun sempat membuat ramai publik lantaran blak-blakan menyebut gaji bulanan yang ia peroleh.

8. Mulan Jameela
Sama seperti Krisdayanti, Mulan Jameela juga berhasil melaju ke Senayan. Ia resmi menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 mewakili Dapil Jawa Barat XI.

9. Pasha Ungu
Lewat Pilkada 2015, vokalis Ungu ini berhasil lolos menjadi Wakil Walikota Palu. Sama seperti Anang, Pasha juga diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro