Ilustrasi/meioambienterio.com
Health

Pentingnya Deteksi Dini Demensia pada Usia Lanjut

Ni Luh Anggela
Jumat, 24 September 2021 - 19:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Demensia merupakan istilah umum untuk kumpulan gejala yang disebabkan oleh gangguan yang memengaruhi otak dan berdampak pada memori, pemikiran, perilaku dan emosi.
 
Alzheimer’s Disease International menyebutkan, demensia memengaruhi lebih dari 50 juta orang di seluruh duinia, dengan kasus baru demensia terjadi di suatu tempat di dunia setiap 3 detik. Demensia juga dapat menyerang individu di bawah usia 65 tahun atau yang dikenal dengan demensia onset muda.
 
Dalam konferensi pers: Kenali Demensia Alzheimer, Pentingnya Deteksi Dini yang dilakukan secara daring pada Jumat (24/9/2021), William Buntoro, pria berusia 72 tahun yang terdiagnosa demensia Alzheimer sejak tahun 2018, membagikan gejala yang dialaminya.
 
Kala itu, William masih cukup aktif dan sibuk dengan pekerjaannya. Namun, beberapa hal seringkali dilupakannya, mulai dari lupa menaruh barang, file, hingga lupa dengan hari.
 
“Suatu saat, saya berada di rumah anak saya. Saya iseng, jalan.  Kebetulan rumahnya dekat dengan pertokoan. Mungkin saya asik lihat etalase toko, saya lupa jalan pulang. Untung saya bawa handphone, saya telepon anak saya, minta di jemput” ungkapnya.
 
Merasakan ada hal yang aneh pada dirinya, William kemudian memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter. Setelah melakukan pemeriksaan, William terdiagnosis demensia Alzheimer.
 
Namun, demensia lantas tidak membuat William putus semangat. Sampai hari ini, William masih aktif bekerja dan berkegiatan.  
 
“Jadi sampai hari ini pun saya masih rutin, kalau obatnya habis saya kontrol kembali ke dokter” katanya.
 
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah demensia, salah satunya adalah aktivitas fisik dan latihan fisik.  Ayu Diah Pasha, aktris yang kini telah berusia 57 tahun setuju dengan hal ini. Menurutnya, pada saat pra lansia seperti ini, yang terpenting adalah memiliki hobi, serta memiliki komunitas yang memiliki visi dan misi.
 
“Semakin kita aktif, semakin kita berkarya, justru semakin sehat dan tetap bugar. Selain itu, dengan bekegiatan, itu membuat otak kita terus bekerja, hati dan pikiran kita juga tetap hidup. Itulah kenapa sampai hari ini saya masih berusaha untuk tetap berkarya dan aktif,” kata Ayu.
 
Melakukan pemeriksaan dini demensia  sangat penting untuk dilakukan, karena meskipun belum ada obat untuk demensia, setidaknya kita dapat mendapatkan pengobatan dan dukungan yang tepat.

Apabila Anda ingin melakukan deteksi dini demensia, Anda dapat melakukannya di fasilitas kesehatan terdekat. ALZI berkolaborasi juga dengan klinik BCA untuk melakukan deteksi dini, serta lab klinik Prodia untuk pemeriksaan Darah deteksi dini Demensia. ALZI juga memiliki Layanan NARAZI (Navigasi Perawatan ALZI) yatu platform online sebagai bántuk support community untuk Lansia, Demensia dan keluarga dalam memberi pendampingan dan Perawatan didampingi dokter, psikolog, Fisioterapi sesuai kebutuhan selama 1 jam, juga untuk melakukan deteksi dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro