Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendarahan Otak: Jenis, Penyebab, dan Gejala

Simak fakta-fakta terkait pendarahan otak. Mulai dari jenis penyakit, penyebab, hingga gejala yang dirasakan oleh pasien.
Dinda Aulia Ramadhanty
Dinda Aulia Ramadhanty - Bisnis.com 24 September 2021  |  15:05 WIB
Ilustrasi pendarahan otak - scitechdaily.com
Ilustrasi pendarahan otak - scitechdaily.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pendarahan otak yang dialami oleh komedian dan presenter Tukul Arwana menjadi sorotan masyarakat. Saat ini, tim medis masih berjuang untuk menangani Tukul. Simak fakta-fakta pendarahan otak, mulai dari jenis, penyebab, hingga gejala.

Pendarahan otak diartikan secara sederhana dengan pendarahan di dalam kepala oleh sebagian orang. Namun, sebenarnya tidak seperti itu. Dalam sudut pandang medis, khususnya pada bidang ahli saraf, pendarahan otak dikenal dengan istilah perdarahan intrakranial.

Untuk mengetahui pendarahan otak, diperlukannya pemahaman dasar mengenai penyakit ini. Pertama, terdapat dua area utama dimana perdarahan dapat terjadi yaitu di dalam tengkorak tetapi di luar jaringan otak, atau di dalam jaringan otak.

Simak penjelasan singkat soal jenis-jenis pendarahan otak seperti dilansir dari Cleveland Clinic:

1. Pendarahan di dalam tengkorak tetapi di luar jaringan otak

Otak terdiri atas tiga lapisan membran atau dapat disebut juga dengan meninges, yang terletak di antara tulang tengkorak dan jaringan otak yang sebenarnya.

Ketiga membran tersebut dinamai dura mater, arachnoid, dan pia mater. Dikarenakan pendarahan dapat terjadi di mana saja di antara ketiga membran ini, fungsi meningen itu sendiri untuk menutupi dan melindungi otak.

- Pendarahan epidural (perdarahan), yaitu pendarahan yang terjadi diantara tulang tengkorak dan lapisan membran terluar, dura mater.
- Perdarahan subdural (perdarahan), yaitu perdarahan terjadi diantara dura mater dan membran arachnoid.
- Perdarahan subarachnoid (perdarahan), yaitu perdarahan yang terjadi diantara membran arachnoid dan pia mater.

2. Pendarahan di dalam jaringan otak

Dua jenis pendarahan otak dapat terjadi di dalam jaringan otak itu sendiri yang selanjutnya terbagi lagi menjadi pendarahan intraserebral atau dapat dikenal dengan sebutan pendarahan otak dan stroke hemoragik, serta pendarahan intraventikular.

- Perdarahan intraserebral merupakan pendarahan yang terjadi di lobus, pons dan otak kecil dimana pendarahan tersebut dapat terjadi dimana saja di dalam jaringan otak itu sendiri termasuk batang otak
- Perdarahan intraventrikular yaitu penyakit dimana pendarahan terjadi di ventrikel otak, yang merupakan area spesifik otak (rongga) tempat cairan serebrospinal diproduksi

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tukul arwana otak penyakit stroke Gejala Penyakit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top