Pelawak Tukul Arwana dan presenter Vega Darwanti./Instagram @vegadarwanti123
Entertainment

Kondisi Terkini Tukul Arwana setelah Operasi Akibat Perdarahan Otak

Newswire
Senin, 27 September 2021 - 10:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Komedian Tukul Arwana saat ini masih menjalani perawatan intensif di ruang ICU Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) setelah operasi karena pendarahan otak pada 22 September 2021. Kondisinya kini semakin membaik.

Hal tersebut disampaikan manajer Tukul, Rizki Kimon saat tiba di RS PON bersama putra sulung Tukul, Egha Prayudi.

"Progressnya beliau sudah sangat baik, respon juga sudah mulai membaik, nanti mau coba lihat bagaimana perkembangan selanjutnya," kata Rizki Kimon dikutip dari kanal YouTube Cumicumi pada Minggu (26/9/2021).

Tukul masih sangat terbatas untuk berkomunikasi. Dia belum dapat berbicara dan hanya berkomunikasi melalui kontak mata serta pergerakan anggota tubuh saja.

"Komunikasi sudah, hanya saja lewat kontak mata dan gerakan tangan dan kaki, untuk berbicara masih belum," katanya.

Rizki menceritakan, riwayat penyakit Tukul selama beberapa tahun belakangan ini. Dia tidak pernah melihat Tukul hingga jatuh sakit separah ini.

"Mungkin kalau sakit kepala ringan, wajar bukan sakit kepala yang bagaimana, kalau batuk pilek wajar, enggak ada keluhannya yang sakit kepala yang sangat berat, enggak ada," katanya.

Pekerjaan Batal

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, Tukul terlihat masih berkegiatan seperti biasa dan memenuhi jadwal syutingnya sebagai pembawa acara di salah satu stasiun televisi.

Dengan kejadian ini, seluruh pekerjaan terpaksa harus dibatalkan karena kondisi Tukul yang masih dirawat.

Rizki menyadari bahwa dia akan lebih ketat memperhatikan Tukul khususnya dalam segi pekerjaan.

"Enggak bisa kayak dulu lagi ya mungkin bukan mengurangi, tapi akan mengatur jamnya beliau bekerja untuk kedepannya. Yang pasti saya akan lebih cerewet untuk pola makannya," katanya.

 "Saya kasih waktu untuk istirahat lebih banyak porsinya."

Satu hari setelah operasi, pembawa acara Tukul Arwana One Man Show ini sudah sadarkan diri dan tidak lagi menggunakan ventilator. Meski begitu Tukul masih belum dapat dijenguk. Nantinya, Tukul harus menjalani beberapa tahapan pemulihan, salah satunya adalah fisioterapi.

Tukul Arwana dilarikan ke RS Brawijaya oleh pihak keluarga pada Rabu sore, 22 September 2021. Atas saran dari dokter di sana, Tukul dirujuk ke RS PON.

Penjaga rumahnya mengatakan Tukul sempat mengeluh pusing sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit.

"Sebelum magrib (dibawa ke rumah sakit). Keliatannya pusing-pusing yaudah bawa ke dokter," kata Jaka dikutip dari kanal YouTube MOP Channel pada Kamis, 23 September 2021.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro