Ilustrasi sakit kepala akibat gejala pendarahan otak
Health

Pendarahan Otak: Jenis, Penyebab, dan Gejala

Dinda Aulia Ramadhanty
Jumat, 24 September 2021 - 15:06
Bagikan

Gejala Pendarahan Otak

Sementara itu, gejala dari pendarahan otak itu sendiri tergantung pada bagian otak mana yang terlibat, namun pada umumnya gejala pendarahan otak yaitu termasuk kesemutan tiba-tiba, kelemahan, mati rasa, atau kelumpuhan pada wajah, lengan atau kaki, terutama di satu sisi tubuh.

Kemudian pasien akan merasakan sakit kepala tiba-tiba, mual dan muntah, kebingungan, pusing, kejang, kesulitan menelan, kehilangan penglihatan atau kesulitan melihat, kehilangan keseimbangan atau koordinasi, leher terasa kaku dan sensitif terhadap cahaya.

Bukan itu saja, pasien juga bisa bicara tidak normal atau cadel, kesulitan membaca, menulis atau memahami ucapan, terjadinya perubahan tingkat kesadaran atau kewaspadaan, kekurangan energi, kantuk atau koma, serta kesulitan bernapas dan detak jantung tidak normal (jika perdarahan terletak di batang otak).

Sebelum menerima hasil diagnosis yang menyatakan pendarahan intrakranial, dokter akan memeriksa secara keseluruhan dengan berdasarkan hasil gejala fisik, Computed Tomography (CT) Scan, Magnetic Resonance Imaging (MRI) atau Magnetic Resonance Angiogram (MRA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro