Gejala kehilangan indera penciuman atau anosmia yg dialami pasien Covid-19/Freepik.com
Health

7 Hal Wajib Dilakukan Penyintas Covid-19 Agar Cepat Pulih dan Tetap Sehat

Ni Luh Anggela
Senin, 27 September 2021 - 15:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pasca terinfeksi Covid-19, sebagian dari penderita mengalami gejala sisa yang berkepanjangan. Bahkan, gejala ini dapat bertahan lama bahkan hingga beberapa bulan sejak dinyatakan sembuh. Hal tersebut umumnya disebut dengan Long Covid.
 
Long Covid merupakan gejala yang menetap ataupun gejala baru yang terjadi pada penderita Covid dan berlanjut hingga lebih dari 28 hari sejak awal terinfeksi.
 
dr Muslim Kasim, seorang dokter spesialis THT-Bedah Kepala Leher menjelaskan efek jangka panjang ini dikatakan tidak hanya terjadi pada pasien yang mengalami gejala berat saat fase akut tetapi juga pada pasien bergejala ringan-sedang.
 
Para penyintas Covid-19 tentunya perlu memaksimalkan pemulihan kondisi tubuh dan meminimalisir gejala post Covid-19 ini. Agar segera pulih dan tetap sehat, dr Muslim membagikan tujuh hal yang wajib dilakukan penyintas Covid-19.
 
1. Jaga nutrisi dengan makanan yang bergizi

“Makanan bergizi adalah yang cukup memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin yang dipadukan secara seimbang sesuai dengan kebutuhan,” jelas dr Muslim melalui akun Instagramnya @dr.muslimkasim, Senin (27/9/2021).
 
Sayuran hijau, buah-buahan, daging dan telur,kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan dan makanan laut lainnya, serta susu,adalah contoh makanan sehat yang harus Anda konsumsi. Sementara itu, Anda perlu menghindari minuman tinggi gula, makanan cepat saji, dan makanan ringan kemasan.
 
2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, menjaga agar berat badan tetap stabil dan tubuh menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur minimal 7 hingga 8 jam sehari.
 
3.  Manajemen stres yang baik

dr Muslim mengatakan, tujuan utama dari manajemen stres yang efektif adalah menjaga keseimbangan hidup. Dengan begitu, Anda bisa tetap bekerja dengan baik serta menjaga hubungan yang sehat dengan pasangan, keluarga dan orang-orang terdekat.
 
4. Olahraga yang teratur

Lakukan olahraga secara perlahan dan bertahap sesuai kemampuan fisik tubuh setelah pulih dari Covid.
 
“Hindari juga marathon drakor (drama Korea), karena terlalu lama duduk dan kurang gerak dapat membuat Anda menjadi gemuk dan mudah sakit” sarannya.
 
5. Jauhi alkohol dan rokok

Mengonsumsi alkohol diketahui dapat merusak hati, memicu munculnya gangguan pada jantung seperti, gangguan irama jantung, peningkatan tekanan darah, melemahnya otot jantung, hingga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan kanker.
 
Sementara itu, dr Muslim menjelaskan, merokok meningkatkan risiko para penyintas Covid-19 terkena berbagai penyakit seperti stroke, masalah kesuburan, penyakit jantung, dan  gangguan pada paru-paru misalnya PPOK dan kanker paru-paru.
 
6. Tetap menjaga protokol kesehatan

Selama kantung-kantung penularan masih ada, maka risiko reinfeksi masih tetap mengintai. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga protokol kesehatan.
 
7. Sukseskan vaksinasi

Penyintas yang belum divaksinasi memiliki risiko 2,3 kali lebih besar untuk mengalami kejadian reinfeksi.

"Vaksin akan memproteksi Anda, terutama dari risiko sakit berat atau kematian karena Covid-19,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro