Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Membersihkan Usus Besar

Anda ingin membersihkan usus besar demi melancarkan pencernaan? Yuk, coba konsumsi 5 makanan berikut ini.
Ithamar Yaomi DC
Ithamar Yaomi DC - Bisnis.com 29 September 2021  |  13:18 WIB
Sayuran hijau - mogreenjuice.com
Sayuran hijau - mogreenjuice.com

Bisnis.com, JAKARTA — Usus besar merupakan organ yang merupakan bagian dari saluran pencernaan di dalam tubuh. Segera konsumsi 5 makanan ini untuk membersihkan usus besar.

Ketika makanan masuk ke dalam tubuh, sebagian besar dicerna di usus kecil, tempat vitamin dan mineral dikeluarkan. Setelah itu, makanan bergerak ke usus besar.

Dilansir dari Healthline, Usus besar mengeluarkan air dan bakteri di usus besar membantu memecah makanan untuk mempersiapkannya meninggalkan tubuh. Karena itu, usus besar yang sehat pada dasarnya berfungsi sebagai kru “pembersih” tubuh.

Tahukah Anda, dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat membantu memindahkan kotoran melalui usus besar dan keluar dari tubuh Anda? 

Makanan yang mengandung serat, kalsium, dan vitamin D dalam jumlah tinggi, yang sangat bagus untuk menjaga sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik dan mencegah sembelit. Jika Anda tidak terbiasa dengan diet kaya serat atau kalsium, coba konsumsi banyak jenis makanan ini sekaligus dapat menyebabkan gangguan pencernaan dalam bentuk diare, kembung, atau sembelit.

Jika Anda berencana untuk membersihkan usus besar, tambahkan lebih banyak makanan ini ke dalam diet Anda sedikit demi sedikit dari dibandingkan langsung mengkonsumsi sekaligus. 

Jika Anda ingin membersihkan usus besar, Anda mungkin perlu mencoba mengonsumsi 5 jenis makanan berikut ini.

1. Brokoli

Ada begitu banyak cara untuk menambahkan brokoli ke dalam diet Anda. Coba tumis dan taburi dengan saos teriyaki. Anda juga bisa mencoba casserole brokoli dan kembang kol untuk menu makan siang.

2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Makan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan lobak adalah cara yang bagus untuk membersihkan usus besar. Tambahkan daun hijau ke makan malam Anda dengan kacang hitam dan enchilada bayam ini.

3. Susu

Anda dapat mengonsumsi susu selain saat sarapan pagi. Sup keju cheddar misalnya dapat membantu mendapatkan porsi harian sayuran dan susu. Anda juga dapat mencoba susu stroberi buatan sendiri untuk suguhan manis.

4. Raspberry

Raspberry selalu menjadi tambahan yang lezat untuk hidangan penutup. Namun, coba pertimbangkan untuk menambahkannya ke salad, seperti salad raspberry mozzarella. Anda juga bisa mengolah raspberry menjadi saus dan taburan di atas daging domba.

5. Oatmeal

Jika Anda merasa oatmeal instan kemasan membosankan, buka beberapa dari banyak resep oatmeal kreatif di internet. Salah satunya dengan menambahkan keju cheddar gurih, oatmeal, dan telur goreng.

Saat Anda menyiapkan oatmeal, mulailah dengan jenis gandum utuh seperti steel cut oatmeal. Jenis oatmeal ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dihidangkan tetapi memberikan lebih banyak serat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan sehat organ tubuh pencernaan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top