Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Alasan Kamu Harus Mengoleskan Sunscreen Setiap Hari

Berikut 5 alasan mengapa kamu harus mengoleskan tabir surya atau sunscreen setiap hari seperti dilansir dari parrishhealthcare.com, Kamis (7/6/2021).
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 07 Oktober 2021  |  14:23 WIB
Ilustrasi perempuan mengoleskan tabir surya atau sunscreen - Dailyworth
Ilustrasi perempuan mengoleskan tabir surya atau sunscreen - Dailyworth

Bisnis.com, JAKARTA - Kulit merupakan organ terbesar yang ada di tubuh. Kulit juga memiliki fungsi penting, misalnya menjaga tubuh dari kuman serta sinar matahari. Simak 5 alasan kamu harus mengoleskan tabir surya atau sunscreen setiap hari.

Meskipun kulit bisa melindungi bagian dalam tubuh dari sinar matahari, itu tidak berarti kamu dapat keluar tanpa memberikan perlindungan yang tepat pada kulit. Tanpa tabir surya, kulit akan rentan terhadap sejumlah masalah, misalnya terbakar, flek (noda hitam), hingga paling parah kanker kulit.

Berikut 5 alasan mengapa kamu harus menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari seperti dilansir dari parrishhealthcare.com, Kamis (7/6/2021).

1. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Jika kamu ingin mengurangi tanda-tanda penuaan, maka jadikan tabir surya sebagai salah satu bagian dari rutinitas (skin care routine). Keluar rumah tanpa perlindungan suncreen dapat merusak kolagen dan jaringan ikat kulit. Jika dibiarkan, kamu bisa kehilangan elastisitas dan mendapatkan kerutan di kulit wajah.

2. Batasi Munculnya Flek Hitam

Terkena sinar matahari (UV) juga dapat menyebabkan bintik atau flek hitam. Flek merupakan penyebab dalam meningkatkan tampilan penuaan kulit. Noda hitam tersebut disebabkan oleh hiperpigmentasi kulit dan biasanya merupakan area datar dari kulit yang berubah warna yang dapat menjadi berbagai warna cokelat. Bintik matahari dapat muncul di area tubuh berikut:
- Wajah
- Bahu
- Lengan
- Punggung tangan

3. Cegah Kulit Terbakar

Terlalu banyak paparan sinar matahari atau paparan sinar UV (seperti tanning) dapat menyebabkan luka bakar yang menyakitkan pada kulit. Dengan paparan sinar matahari berulang dan tanpa perlindungan, kamu dapat melihat peningkatan flek dan kerusakan kulit.

Kulit terbakar juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Luka bakar akibat sinar matahari biasanya membutuhkan waktu beberapa hari atau lebih lama untuk sembuh. Karena itu, sangat penting untuk selalu memakai sunscreen, bahkan pada hari berawan.

4. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker kulit adalah dengan memakai tabir surya. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) merekomendasikan penggunaan sunscreen spektrum luas dengan setidaknya SPF 15. Namun, semakin tinggi angka pada suncreen maka semakin baik perlindungan UV.

Untuk perlindungan sepanjang hari, Anda juga perlu mengoleskan ulang tabir surya (re-apply sunscreen) sebagai berikut:
- Ketika Anda berada di bawah sinar matahari selama lebih dari 2 jam
- Setelah berenang atau berkeringat
- Setelah memakai handuk.

5.Hindari Pembuluh Darah Pecah

Kondisi pembuluh darah pecah dikenal dengan istilah telangiectasias. Sinar UV dapat merusak dinding pembuluh darah kulit sehingga menyebabkan lapisannya menipis. Penipisan pembuluh darah meninggalkan munculnya memar atau pendarahan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker matahari kulit tips cantik
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top