Sakit jantung pada perempuan/
Health

Studi: Olahraga Ekstrim dapat Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Ni Luh Anggela
Selasa, 19 Oktober 2021 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu tubuh kita tetap sehat  dan kuat. Olahraga bahkan dipercaya dapat mencegah terjadinya serangan Jantung.
 
Tetapi, tahukah Anda aktivitas yang yang mengejutkan dan ‘tampaknya’ sehat yang dilakukan secara ekstrem dapat secara signifikan meningkatkan risiko Anda terkena serangan Jantung?
 
Pelatihan Olahraga ekstrim kronis dan kompetisi dalam acara ketahanan diketahui dapat menyebabkan kerusakan Jantung dan gangguan irama.
 
Sebuah studi telah menemukan sampel darah setelah latihan ekstrim mengandung biomarker yang terkait dengan kerusakan Jantung. Melansir Express, Selasa (19/10/2021), satu studi melihat bagaimana Olahraga ekstrem dan implikasinya terhadap kesehatan kardiovaskular.
 
“Efek kesehatan dari volume latihan di luar dosis optimal saat ini masih dalam perdebatan,” tulis penelitian tersebut.
 
Beberapa studi epidemiologi melaporkan peningkatan risiko penyakit dan/atau kematian pada volume latihan tertinggi.
 
Studi ini menemukan bukti yang muncul dari studi atlet ketahanan yang menunjukkan bahwa manifestasi kardiovaskular yang berpotensi merugikan dapat terjadi setelah pelatihan Olahraga jangka panjang bervolume tinggi dan/atau berintensitas tinggi.
 
Itu dapat melemahkan manfaat kesehatan dari gaya hidup aktif secara fisik, menurut temuan studi tersebut.
 
Mereka mencatat bahwa kalsifikasi arteri koroner yang dipercepat, pelepasan biomarker Jantung yang diinduksi oleh Olahraga, fibrosis miokard, fibrilasi atrium, dan risiko kematian Jantung mendadak yang lebih tinggi telah dilaporkan pada atlet.
 
Para peneliti juga menemukan bahwa Olahraga intensitas tinggi dapat secara akut, meskipun sementara, meningkatkan risiko serangan Jantung mendadak atau kematian Jantung mendadak pada individu dengan penyakit Jantung yang mendasarinya. Biasanya, penyebab kematian berbeda untuk atlet muda versus yang lebih tua.
 
Peningkatan biomarker untuk kerusakan kardiomiosit dan fibrosis miokard sering terjadi setelah latihan intensif yang semakin meningkatkan risiko seseorang.
 
Berikut gejala-gejala yang mungkin saja menandakan bahwa Jantung Anda sedang tegang, meliputi:
·         Lemah dan kelelahan
·         Sesak napas, terutama ketika beraktivitas atau berOlahraga
·         Pusing
·         Sakit dada
·         Palpitasi Jantung atau Jantung berdebar-debar
·         Tekanan darah tinggi
·         Pingsan
·         Edema, atau pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tungkai
 
Anda mungkin takut untuk berOlahraga terlalu berat setelah melihat studi tersebut. Namun, Anda masih dapat melakukan Olahraga sedang seperti berjalan, jogging atau berenang.
 
The American Heart Association merekomendasikan minimal 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu.
 
Jika Anda memiliki gejala atau riwayat kondisi Jantung atau faktor risiko penyakit Jantung, coba tanyakan kepada dokter Anda sebelum memulai atau mengubah rejimen Olahraga.
 
Sementara itu, bagi para atlet dan memiliki gejala baru atau diagnosis penyakit Jantung, atau mungkin khawatir tentang melanjutkan kompetisi atau Olahraga ketahanan, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli Jantung Olahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro