Ilustrasi penderita prostat/Istimewa
Health

Guys, Berikut 6 Cara Mencegah Kanker Prostat

Ni Luh Anggela
Senin, 25 Oktober 2021 - 13:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aktor James Michael Tyler yang terkenal karena perannya sebagai Gunther di serial ‘Friends’, meninggal pada 24 Oktober 2021 akibat kanker prostat stadium 4. Sebelumnya, pada Juni lalu, dia sempat mengumumkan diagnosis kankernya. Lantas, apa itu kanker prostat?
 
Kanker prostat adalah kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, yang umumnya ditandai dengan gangguan saat buang air kecil.
 
Beberapa kanker prostat tumbuh dan menyebar dengan cepat, tetapi sebagian besar tumbuh lambat,menurut American Cancer Society.
 
Faktanya, studi otopsi menunjukkan bahwa banyak pria yang lebih tua (dan bahkan beberapa pria yang lebih muda) yang meninggal karena penyebab lain juga menderita kanker prostat yang tidak pernah memengaruhi mereka selama hidup mereka. Dalam banyak kasus, baik mereka maupun dokter mereka bahkan tidak tahu bahwa mereka mengidapnya.
 
Sementara banyak orang mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mencegah kanker prostat, tidak ada satu cara pun untuk menghindari penyakit ini. Tetap sehat seiring bertambahnya usia, atau bekerja untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada, dapat menurunkan risiko Anda.
 
Namun, seperti semua kanker, kanker prostat memiliki faktor risiko tertentu yang tidak dapat dihindari.
 
Kanker prostat pada dasarnya adalah “penyakit penuaan”. Seiring bertambahnya usia, peluang Anda terkena kanker prostat meningkat. Ras dan genetika juga memainkan peran penting. Jika ayah, saudara laki-laki, atau kerabat sedarah Anda menderita kanker prostat, kemungkinan besar Anda juga akan terkena kanker prostat.
 
Mencegah kanker prostat mungkin sulit jika Anda memiliki faktor risiko ini, tetapi skrining dini dapat membantu memastikan bahwa jika Anda terkena kanker, Anda dapat didiagnosis dan diobati sesegera mungkin.
 
Melansir Johns Hopkins Medicine, Senin (25/10/2021), berikut beberapa cara untuk mengurangi peluang Anda terkena kanker prostat.

1. Perbaiki pola makan Anda

Kebiasaan makan yang buruk dan pola makan yang sangat bergantung pada lemak dan protein hewani dapat menyebabkan kerusakan DNA dan menyebabkan kanker.
 
Para peneliti tidak sepenuhnya memahami hubungan antara diet dan pencegahan kanker prostat, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan makan tertentu dapat membantu.
 
Anda dapat memperbaikinya dengan mengurangi asupan lemak, makan lebih banyak buah dan sayuran, mengonsumsi teh hijau dan kedelai, serta menghindari daging hangus. Ini karena daging hangus  dapat menghasilkan senyawa kimia yang menyebabkan kanker.

2. Pertahankan berat badan yang sehat

Para peneliti tidak sepenuhnya memahami hubungan antara diet dan pencegahan kanker prostat, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan makan tertentu dapat membantu.

3. Berolahraga secara teratur

Selain membantu Anda mencapai berat badan yang sehat, olahraga dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan melawan beberapa efek kesehatan negatif dari gaya hidup yang tidak banyak bergerak, yang semuanya dapat membantu mencegah kanker.

4. Berhenti merokok dan kurangi minuman beralkohol

Berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatan Anda dalam banyak hal, termasuk menurunkan risiko kanker. Dan jika Anda minum, lakukan dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anggur merah memiliki sifat antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

5. Penuhi asupan vitamin D Anda

Vitamin D dapat membantu melindungi dari kanker prostat dan banyak kondisi lainnya. Makanan kaya vitamin D termasuk minyak ikan cod, salmon liar dan jamur shitake kering.
 
Karena matahari adalah sumber vitamin D yang lebih baik dan lebih tersedia, banyak ahli merekomendasikan untuk mendapatkan 10 menit paparan sinar matahari (tanpa tabir surya) setiap hari. Dokter sering merekomendasikan suplemen vitamin D. Namun, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen apa pun.

6. Tetap aktif secara seksual

Dua penelitian tampaknya menunjukkan bahwa pria yang memiliki frekuensi ejakulasi lebih tinggi (dengan atau tanpa pasangan seksual) memiliki kemungkinan dua pertiga lebih kecil untuk didiagnosis menderita kanker prostat.
 
Studi sedang berlangsung, tetapi beberapa ahli berteori bahwa ejakulasi membersihkan tubuh dari racun dan zat lain yang dapat menyebabkan peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro