Konpers kebersihan hidung dan mulut
Health

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut dan Hidung Selama Pandemi

Ni Luh Anggela
Kamis, 28 Oktober 2021 - 19:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 belum berakhir. Untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19, masyarakat Indonesia terus dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan 5M serta menjalani vaksinasi. 

World Health Organization (WHO) menganjurkan masyarakat untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit/infeksi melalui personal hygiene (kebersihan diri) yaitu kebersihan tangan dan saluran pernapasan, serta keamanan pangan.
 
Karena itu, Ketua Divisi Laring Faring Departemen THT FKUI-RSCM, dr. Syahrial M.Hutauruk, Sp.THT-KL mengatakan, di masa pandemi ini, penting untuk menjaga kebersihan mulut dan saluran pernapasan (oral and respiratory hygiene) dengan berkumur dan semprot tenggorok menggunakan antiseptik Povidone-Iodine (PVP-I).
 
“Hal ini mengingat mulut dan tenggorok merupakan jalan masuk dan reservoir dari SARS CoV-2 penyebab Covid-19.” kata dr Syahrial dalam Webinar URT (Upper Respiratory Tract) Care dari Betadine: Extra Protection For The New Normal! yang diadakan pada Kamis (28/7/2021).
 
Lebih lanjut dr. Syahrial menjelaskan, penggunaan antiseptik PVP-I sangat dianjurkan untuk mencegah dan memutus rantai infeksi Covid-19.
 
Efektivitas PVP-I dalam melawan Covid-19 telah banyak dibuktikan melalui berbagai studi. Studi in vitro oleh Duke-National University Singapore menunjukkan antiseptik PVP-I mampu membunuh 99.99 persen virus SARS-CoV-2 dalam 30 detik.
 
Sementara itu, penelitian independen oleh National University Health System Singapore menunjukkan semprotan tenggorok PVP-I berhasil menurunkan infeksi SARS-CoV-2 sebesar 24 persen (dalam hal pengurangan risiko absolut) dibandingkan dengan vitamin C terhadap 3.037 pekerja migran.
 
Selain menjaga kebersihan mulut dan tenggorok dengan kumur dan semprot antiseptik PVP-I, masyarakat juga perlu menjaga kebersihan rongga hidung.
 
“Hidung merupakan salah satu jalan masuk dan reservoir SARS-CoV-2. Iota Carrageenan secara efektif menurunkan viral load di rongga hidung. Cara kerja Iota Carrageenan adalah dengan melapisi dinding mukosa hidung dan mencegah virus untuk menempel pada reseptor untuk bereplikasi. Hal ini menjadikan penggunaan semprot hidung Iota-Carrageenan suatu alternatif perlindungan tambahan untuk rongga hidung selama masa normal baru ini.” kata Praktisi dan Edukator Kesehatan, dr. Mery Sulastri.
 
“Selama masa pandemi Covid-19 dengan mutasi-mutasi virus baru, penerapan protokol kesehatan 5M dan vaksinasi saja belum cukup. Masyarakat diharapkan menjaga kebersihan mulut dan saluran pernapasan, seperti berkumur sampai dengan tenggorokan dengan Povidone Iodine. Upaya ini dilakukan untuk perlindungan ekstra dalam mencegah transmisi virus penyebab Covid-19 dan mengurangi kemungkinan tertular Covid-19,” tutur dr. Mery.
 
Walaupun efikasi Povidone Iodine saat ini yang disorot adalah kemampuannya terhadap Covid-19, dr Mery menambahkan, bukan berarti setelah Covid-19 mereda kita melupakannya.
 
“Rangkaian kebiasaan baru untuk melakukan personal & respiratory hygiene harus terus dilakukan. Jangan tunggu sampai ada wabah lagi, baru kita panik. Kebiasaan yang baik seperti cuci tangan, berkumur sampai tenggorokan, dan membersihkan hidung atau dengan nasal spray tetap dilakukan,” katanya.
 
Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi mengatakan, perjuangan melawan pandemi Covid-19 adalah tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, Mundipharma Indonesia mendukung penuh upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 melalui program edukasi kepada tenaga kesehatan dan masyarakat luas yang dilakukan secara berkesinambungan. Program edukasi berfokus pada pencegahan, pemutusan rantai infeksi dan upaya menurunkan tingkat keparahan infeksi Covid-19, khususnya melalui personal serta oral and respiratory hygiene.
 
“Kami berharap kebiasaan berkumur sampai tenggorokan, serta semprot tenggorok dan hidung ini dapat dijadikan sebagai bagian dari normal baru. Di sisi produk, kami juga memastikan ketersediaan BETADINE® di pasaran, sehingga masyarakat Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan perlindungan ekstra dari BETADINE.” tutupnya.

Dia menegaskan penggunaan antiseptik Povidone-Iodine (PVP-I) dan Iota Carageenan terbukti efektif mampu membunuh virus SARS-CoV-2, sehingga dapat dijadikan proteksi tambahan selama masa normal baru. Saat ini Mundipharma Indonesia juga menghadirkan rangkaian produk URT (Upper Respiratory Tract) Care dari BETADINE sebagai proteksi ekstra rongga mulut, hidung dan tenggorokan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro