Kuning dan putih telur./Istimewa
Health

Benarkah Kuning Telur Bikin Kolesterol Tinggi?

Newswire
Senin, 1 November 2021 - 17:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang percaya kandungan kuning telur tidak baik bagi kesehatan, khususnya mereka yangs sedang menjalani diet. Benarkah kuning telur bikin kolesterol tinggi?

Faktanya, mengonsumsi makanan tidak akan berbahaya bagi tubuh Anda. Asalkan, Anda memakannya dengan porsi yang tepat atau tidak berlebihan.

Konsep yang sama berlaku untuk kuning telur. Seperti diketahui, telur atam kaya akan kadungan kolin yang merupakan vitamin memori.

Bukan itu saja, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan. Satu butir telur ukuran sedang memberikan sekitar 180-190 mg kolesterol dan kebutuhan tubuh di bawah 300 mg/hari.

Oleh karena itu, sebenarnya cukup aman bagi Anda untuk makan telur setiap hari.

Melansir dari Times of India melalui Tempo.co, telur ayam utuh kaya akan nutrisi. Bagian putih telur mengandung banyak sumber protein. Sementara itu, kuning telur kaya akan Zat Besi, vitamin B2, B12 dan D, yang tidak terdapat pada putih telur. Jika Anda hanya makan putih telur, Anda kehilangan nutrisi lainnya.

Lebih lanjut, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Connecticut menemukan bahwa lemak yang ada dalam kuning telur sebenarnya membantu mengurangi kolesterol jahat dari tubuh.

Artikel yang dipublikasikan NDTV mengungkapkan sebenarnya Anda tidak perlu melakukan diet bebas kolesterol. Pasalnya, manusia pada dasarnya memang membutuhkan kolesterol baik.

Kolesterol diproduksi secara alami di dalam tubuh dan membentuk bagian dasar dari sel tubuh. Kolesterol membantu mengatur hormon, mendukung manfaat Vitamin D, serta mengoptimalisasi tubuh saat mencerna makanan.

Karena itu, orang dewasa sebenarnya bisa mengonsumsi kuning telur secara rutin. Dengan catatan, memiliki tubuh sehat dengan kadar kolesterol normal, berolahraga secara teratur, mengikuti diet rendah lemak, tidak sering makan junk food, dan konsumsi makanan tinggi serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro