Pankreas
Health

Berikut 6 Tanda Anda Mengalami Kanker Pankreas, Kenali Lebih Awal!

Jessica Gabriela Soehandoko
Senin, 1 November 2021 - 20:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pankreas merupakan sebuah organ yang memproduksi enzim dan hormon penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pencernaan dan untuk mengatur gula darah.

Kanker pankreas adalah penyakit di mana sel-sel kanker terbentuk di jaringan organ, mengganggu fungsi yang diperlukan.

Untuk mengetahui lebih awal, Anda perlu melakukan tes darah rutin. Hal ini agar penanganan dapat secara cepat dapat langsung dilakukan.

Kemudian jika terkena kanker pankreas, maka pengobatan yang efektif adalah pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi, terapi target, dan imunoterapi.

Lalu dalam prognosisnya, diketahui menurut American Cancer Society dalam laporan Pancreatic.org yang dilansir dari Eatthis bahwa jika semua tahap kanker pankreas digabungkan, tingkat kelangsungan hidup relatif satu tahun adalah 20 persen dan tingkat lima tahun adalah 7 persen.

Untuk itu, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui lebih awal. Berikut merupakan beberapa tanda peringatan yang perlu Anda waspadai, yang dilansir dari Eatthis (31/10/21).

1. Mengalami mual dan muntah terutama setelah makan makanan yang berlemak

Jika Anda berulang kali mengalami mual dan muntah, terutama setelah makan makanan berlemak, maka bisa saja terdapat masalah pada pankreas Anda. Gejala kanker pankreas dapat muncul ketika tekanan dari kista pankreas atau tumor tumbuh di perut atau usus kecil, menyebabkan penyumbatan pada saluran pencernaan. Jika pertumbuhannya semakin besar, maka dapat menyebabkan penyumbatan parsial dengan melilit di sekitar ujung perut.

Kemudian, pankreas Anda juga dapat mengacaukan kemampuan tubuh Anda dalam mencerna lemak, hingga menyebabkan mual dan kemungkinan muntah.

2. Kulit dan mata Anda terlihat kuning

Penyakit kuning adalah menguningnya kulit dan mata yang terjadi ketika bilirubin, komponen empedu, menumpuk di dalam darah.

Hal ini terjadi dikarenakan empedu akan mengalir dan melewati pankreas. Jika tersumbat, maka penyakit kuning bisa menjadi tanda kanker pankreas jika tumor tumbuh di kepala pankreas, menghalangi saluran empedu dan aliran empedu.

3. BAB Anda tidak seperti biasanya

Jika kotoran Anda berminyak, bewarna abu-abu dan mengapung, maka hal ini dapat menjadi tanda dari penyakit pankreas. Hal ini terjadi dikarenakan pemecahan lemak yang tidak baik.

4. Anda mendadak terkena diabetes

Jika Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki berat badan yang teratur, maka Anda perlu memperhatikan diabetes Anda. Jika pankreas terkena tumor atau penyakit, maka sistem akan mulai gagal dan dapat menjadi hal yang umum jika tiba-tiba memicu diabetes tipe dua.

5. Anda secara tidak langsung kehilangan berat badan secara tidak terduga

Jika Anda sedang melakukan diet, namun berat badan Anda turun terlalu cepat maka bisa jadi Anda mengalami masalah pencernaan yang terkait dengan kanker pankreas.

Penurunan berat badan dapat disebabkan oleh pencernaan yang tidak lengkap baik karena kanker atau akibat kanker itu sendiri. Hal ini menjadi gejala umum dari kanker pankreas.

6. Anda mengalami sakit perut

Nyeri di perut atau di punggung Anda adalah tanda peringatan umum kanker pankreas dan pankreatitis akut. Namun rasa sakit yang Anda rasakan menjalar ke punggung bagian tengah atau bawah, yang berlangsung selama berminggu-minggu.

The American Cancer Society melaporkan bahwa ika tumor yang dimulai di tubuh atau ekor pankreas tumbuh menjadi agak besar, dapat menekan organ lainnya dan dapat menyebar ke saraf yang mengelilingi pankreas, yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro