Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biaya Vaksin Kucing Sesuai dengan Usianya

Tak hanya manusia, kucing juga perlu mendapatkan vaksin untuk kesehatannya. Berikut adalah biaya vaksin kucing berdasar usia dan jenisnya.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 12 November 2021  |  08:50 WIB
Kucing - Shutterstock
Kucing - Shutterstock
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Tak cukup diberi makanan yang bernutrisi, kucing juga butuh divaksinasi untuk menjaga kesehatannya. Namun, berapa sih biaya vaksin kucing ini?

Dikutip dari Aido Health, Jumat (12/11/2021), vaksin pada kucing terbagi menjadi dua jenis, yakni vaksin dasar dan tambahan. Sementara itu, ditinjau dari tahapannya, terdapat tiga tahap vaksinasi kucing, yakni Tahap I Tricat, Tahap II Tetracat, dan Tahap III Rabies.

Vaksin tahap I sendiri diberikan pada kucing dengan usia 8-10 minggu dari hari kelahiran. Vaksin tersebut berfungsi untuk melindungi kucing dari penyakit Feline Panleucopenia (FPV), Feline Rhinotracheitis, dan Feline Calicivirus.

Untuk diketahui, Feline Panleukopenia bisa menyebabkan kematian, terutama pada anak kucing. Gejalanya meliputi kehilangan nafsu makan dan bahkan muntah serta diare. Kemudian, Feline Rhinotracheitis adalah flu yang bisa menular melalui lendir dari saluran pernafasan. Sementara, Feline Calicivirus adalah infeksi saluran pernapasan atas yang memiliki gejala bersin, flu, dan bercak seperti sariawan di mulut.

Selanjutnya, vaksin tahap dua dilakukan saat kucing berusia 12-14. Pada dasarnya, ia memiliki fungsi yang sama dengan vaksin tahap I, hanya saja vaksin tahap ini memiliki satu tambahan manfaat, yakni melindungi dari virus Chlamydia.

Lalu, seperti namanya, vaksin tahap III berguna untuk menghindarkan kucing dari penyakit rabies. Vaksin ini bisa diberikan saat kucing Anda berusia 20 minggu.

Kemudian, untuk vaksin tambahan, di antaranya adalah Feline Leukimia, Bordetella, Dermatofitosis, FIV, dan FIP. Namun, hanya harus mendapatkan rekomendasi dari dokter untuk bisa memberikan vaksin tersebut kepada kucing peliharaan.

Sementara itu, untuk harganya sendiri sebetulnya bervariasi, tergantung pada dokter, klinik, dan daerah masing-masing.

Namun, sebagai gambaran, berikut kisaran biaya vaksin kucing.

Usia 8-10 minggu
Vaksin Tricat sekitar Rp80.000 hingga Rp200.000.

Usia 12-14 minggu
Vaksin Tetracat sekitar Rp170.000 hingga Rp200.000.

Usia 20 minggu
Vaksin Rabies maksimal Rp100.000.

Usia 6 bulan (yang belum pernah vaksin)
Vaksin Tricat sekitar Rp100.000 hingga Rp250.000.
Vaksin Tetracat sekitar Rp180.000 hingga Rp210.000.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kucing hewan peliharaan
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top