Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hobi Bisa Bikin Sehat Mental Juga Lho

Bagi sebagian orang, anhedonia adalah salah satu gejala pertama dari depresi, dan bahkan dapat digunakan untuk memprediksi tingkat keparahan depresi yang mungkin dialami seseorang.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 12 November 2021  |  14:49 WIB
Kesehatan mental - istimewa
Kesehatan mental - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA— Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi telah berdampak besar pada kesehatan banyak orang. Mengingat ketakutan akan virus dan berbagai aturan oleh pemerintah, banyak yang merasa lebih kesepian, cemas, dan tertekan daripada biasanya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah mengeluarkan panduan tentang bagaimana orang dapat menjaga kesehatan mental mereka selama masa sulit ini. Saran utamanya adalah mencoba menjaga pola makan, tidur, kebersihan, dan olahraga yang teratur.

Selain saran tersebut, penting pula untuk memastikan bahwa kita masih menemukan waktu untuk melakukan hal-hal yang kita sukai. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa memiliki hobi terkait dengan tingkat depresi yang lebih renda dan bahkan dapat mencegah depresi bagi sebagian orang.

Kehilangan minat dan kegembiraan dalam hal-hal yang biasanya kamu sukai adalah salah satu gejala kesehatan mental yang buruk. Dikenal sebagai anhedonia, ini adalah gejala umum depresi dan merupakan sesuatu yang menurut pasien paling ingin mereka sembuhkan.

Bagi sebagian orang, anhedonia adalah salah satu gejala pertama dari depresi, dan bahkan dapat digunakan untuk memprediksi tingkat keparahan depresi yang mungkin dialami seseorang.

Ketika kita melakukan hobi yang kita sukai, pembawa pesan kimia di otak (dikenal sebagai neurotransmitter) dilepaskan seperti dopamin, zat kimia yang membantu kita merasakan kesenangan. Bahan kimia yang membuat perasaan senang ini kemudian dapat membuat kita ingin melakukan hobi itu lagi, dan merasa lebih termotivasi untuk melakukannya.

Jadi, mencari waktu untuk minat dan kesenangan kamu seperti hobi menjadi salah satu cara untuk menghindari anhedonia dan depresi. Sejauh ini, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa program resep sosial yang meminta pasien untuk melakukan hobi seperti berkebun atau melukis sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan kesejahteraan. Maka dari itu, cobalah mencari waktu untuk terlibat ke beberapa hobi yang kamu sukai.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hobi kesehatan mental
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top