Ilustrasi batu ginjal/Medicine.net
Health

7 Tips Mencegah Batu Ginjal

Annasa Rizki Kamalina
Kamis, 18 November 2021 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Terbentuknya batu ginjal di sistem urinaria menjadi hal yang sangat membahayakan. Penumpukan mineral dari ginjal menyebabkan rasa sakit yang luar biasa ketika urin melewati saluran kemih. 

Mencegah lebih baik dari daripada mengobati. Menurut Healthline, Kamis (18/11/2021) riwayat penyakit keluarga, kombinasi diet, dan gaya hidup bisa mengurangi risiko ini.

Meskipun belum ada cara paling efektif untuk mencegah pembentukan batu ginjal, beberapa tips berikut ini bisa menjadi langkah terbaik. 

  1. Tetap Terhidrasi

Minum air yang cukup menjadi cara terbaik dalam mencegah pembentukan batu ginjal. Kekurangan air atau dehidrasi menyebabkan volume urin yang dikeluarkan sedikit. Warna urin yang pekat menandakan ginjal sedikit melarutkan garam urin yang menyebabkan batu.

Selain air, jus jeruk juga merupakan pilihan yang baik. Jeruk mengandung sitrat yang dapat mencegah pembentukan batu.

Anda dapat mengetahui apakah Anda terhidrasi dengan melihat warna urin Anda. Warna urin yang normal yaitu jernih atau kuning pucat. Jika gelap, Anda perlu minum lebih banyak.

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium 

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat. Hal tersebut membuat banyak orang percaya bahwa mereka harus menghindari makan kalsium. Sebaliknya, diet rendah kalsium dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan osteoporosis.

Lebih baik mengambil sumber kalsium dari bahan alam daripada suplemen. Susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yogurt rendah lemak adalah pilihan makanan kaya kalsium yang baik.

  1. Konsumsi Sedikit Sodium

Menurut Urology Care Foundation, terlalu banyak garam dalam urin mencegah kalsium diserap kembali dari urin ke darah. Hal itu menyebabkan kalsium urin tinggi dan menumpuk. 

Makan lebih sedikit garam membantu menjaga kadar kalsium urin lebih rendah. Semakin rendah kalsium urin, semakin rendah risiko terkena batu ginjal. Untuk membumbui makanan tanpa menggunakan garam, cobalah rempah segar atau campuran bumbu herbal bebas garam. 

  1. Konsumsi Sedikit Makanan Tinggi Oksalat

Bayam, cokelat, ubi jalar, kopi, dan produk kedelai termasuk makanan yang tinggi oksalat. Beberapa kondisi batu ginjal terbuat dari oksalat. Membatasi makanan kaya oksalat dapat membantu mencegah pembentukan batu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro