varises/halodoc
Health

Tak Hanya Serang Betis, Ini 7 Cara Cegah Varises

Newswire
Selasa, 23 November 2021 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pada sebagian kasus, varises tidak hanya terjadi di betis. Ia juga bisa terjadi di bagian panggul, anus, vagina, rahim, atau bahkan kerongkongan. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara pencegahannya.

Seperti yang diketahui, varises adalah pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah di dalam pembuluh tersebut.

Saat seseorang mengalami varises, maka akan muncul pembuluh vena yang terlihat bengkak atau menonjol di balik kulitnya. Terkadang, pembuluh tersebut tampak seperti tali yang dipilin serta berwarna biru atau ungu tua.

Nah, umumnya, gejala yang dirasakan saat mengalami varises ini, di antaranya kaki terasa nyeri dan berat, berdenyut-denyut, panas, ada pembengkakan, kulit di area varises terlihat kering dan ada rasa gatal, serta otot yang kram.

Untungnya, dikutip dari dinkes.bantenprov.go.id, apabila varises yang diderita masih termasuk dalam golongan ringan, maka ia dapat ditangani sendiri dengan memakai stoking antivarises atau bebat kompresi.

Lebih jauh, varises juga dapat dicegah dengan cara-cara yang sederhana. Dilansir dari rsudciawi.bogorkab.go.id berikut beberapa caranya.

1. Menghindari memakai pakaian yang sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki.
2. Mengurangi konsumsi garam guna menghindari pembengkakan, serta mengurangi makan makanan pedas yang dapat merangsang pelebaran pembuluh darah.
3. Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah tinggi serat dan makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc.
4. Kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, gorengan, dan protein hewani.
5. Sering-sering duduk sambil berselonjor kaki.
6. Berolahraga, seperti jalan santai, joging, bersepeda, dan berenang yang rutin dilakukan minimal 30 menit per hari. Selain meningkatkan kekuatan otot kaki, olahraga tersebut juga dapat melancarkan peredaran darah.
7. Apabila Anda perokok maka berhentilah, karena merokok bisa menyebabkan pembuluh darah rusak.

Di samping itu, untuk mencegah atau menghilangkan varises pada bagian kaki, Anda juga bisa memposisikan kaki dan tungkai kaki lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. Jangan lupa juga untuk menghindari berdiri terlalu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro