Ilustrasi shower/istimewa
Health

4 Manfaat Mandi di Malam Hari

Ni Luh Anggela
Kamis, 25 November 2021 - 20:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa orang yakin jika mandi malam dapat menyebabkan rematik, penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito Anggarino Damay mengatakan sebenarnya tidak ada hubungannya antara mandi di malam hari dengan penyakit rematik.

“Justru ada beberapa manfaat yang diperoleh ketika kita mandi malam,” kata Vito melalui akun Instagramnya, Kamis (25/11/2021).

Namun, jika Anda mandi menggunakan air dingin di malam hari, Vito menyarankan untuk mengetahui kondisi tubuh, apakah saat ini Anda sedang sehat atau sakit, mengetahui suhu udara saat itu, hingga suhu air.

“Baiknya jangan gunakan air yang terlalu dingin untuk mencegah kedinginan dan demam,” katanya.

Lalu, apa saja manfaat mandi di malam hari? Berikut daftarnya. 

1. Membantu Anda tidur lebih cepat dan berkualitas

Mandi malam, terutama menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan cepat mengantuk.

“Khususnya, untuk Anda yang sibuk seharian hingga susah tidur karena nyeri otot dan pegal-pegal, mandi malam menggunakan air hangat bisa mengistirahatkan otot-otot tubuh yang tegang dan kaku. Jadi, tidurmu bisa jauh lebih nyenyak,” ungkapnya.

2. Membantu mengurangi stres

Stres menjadi salah satu pengganggu tidur di malam hari. Apalagi setelah Anda melakukan aktivitas padat seharian, pikiran Anda mungkin lebih rentan dilanda stres yang bisa mengganggu tidur Anda.

Tahukah Anda, ternyata mandi di malam hari akan merangsang produksi senyawa endorphin dan noradrenalin dalam tubuh, yang manfaatnya serupa dengan obat anti depresan sehingga membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang.

3. Menurunkan tekanan darah

“Penurunan tekanan darah akibat mandi di malam hari akan berdampak baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, apalagi dengan air hangat,” katanya.

Ini akan meningkatkan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Setelah beraktivitas sepanjang hari, kulit kita berkeringat dan berminyak. Jika dibiarkan, bau badan, jerawat hingga alergi bisa saja terjadi. Mandi adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan untuk membersihkan kulit dari tumpukan kotoran, sehingga tidur Anda menjadi lebih nyaman karena tubuh Anda bersih dan wangi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro