Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Beda Gejala Covid Varian Omicron pada Orang Sudah Suntik Vaksin dan Tidak Vaksinasi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah menyebut Omicron sebagai ‘varian kekhawatiran’ dan memperingatkan bahwa risiko global yang ditimbulkannya sangat tinggi, meskipun masih banyak ketidakpastian mengenai varian ini.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 07 Desember 2021  |  15:28 WIB
Ilustrasi wanita alami gejala awal Covid-19 - Freepik.com
Ilustrasi wanita alami gejala awal Covid-19 - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pertama kali dilaporkan di Botswana dan Afrika Selatan, kemunculan varian Omicron telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia karena jumlah mutasi yang tinggi yang berpotensi membuat virus lebih mudah menular dan kurang rentan terhadap vaksin Covid-19 yang tersedia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah menyebut Omicron sebagai ‘varian kekhawatiran’ dan memperingatkan bahwa risiko global yang ditimbulkannya sangat tinggi, meskipun masih banyak ketidakpastian mengenai varian ini.

Sama seperti varian Covid lainnya, Omicron diketahui menimbulkan gejala pada orang yang terinfeksi. Namun, gejala yang ditunjukkan berbeda antara orang yang telah divaksin Covid dan mereka yang belum.

Pemimpin Asosiasi Medis Afrika Selatan, Angelique Coetzee sekaligus dokter pertama yang memberi tahu pihak berwenang mengenai pasien dengan varian Omicron mengatakan pada akhir November bahwa rumah sakit di negara tersebut tidak kewalahan oleh pasien yang terinfeksi dengan varian ini, dan sebagian besar dari mereka yang dirawat di rumah sakit belum sepenuhnya divaksinasi. Demikian dilansir dari The New York Times, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, sebagian besar pasien yang dia jumpai tidak kehilangan indera perasa dan penciuman dan hanya mengalami batuk ringan.

Seorang spesialis penyakit menular yang bertugas di Komite Penasihat Covid-19 Presiden Afrika Selatan, Ian Sanne mengatakan orang yang tidak divaksinasi sangat rentan terhadap varian Omicron, seperti juga individu yang belum pernah terpapar Covid-19 sebelumnya, menurut laporan VOA News.

Beberapa pasien di rumah sakit Gauteng, Afrika Selatan, dipenuhi orang yang terinfeksi varian baru ini. Dan sebagian besar pasien belum divaksinasi dan datang dengan gejala Covid yang parah.

Saat ini, belum ada bukti pasti yang menunjukkan bahwa vaksinasi dapat melindungi seseorang dari varian baru. Tetapi apabila berkaca dari varian Delta, satu studi CDC menemukan bahwa orang yang tidak divaksinasi lebih rentan terhadap infeksi ulang daripada orang yang divaksinasi.

Vaksin masih mampu melindungi Anda dari gejala Covid parah hingga kematian. Untuk itu, bagi Anda yang belum divaksinasi, segera dapatkan vaksin Anda, karena semakin banyak orang divaksinasi semakin mudah kita mencegah penyebaran virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 gejala covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top