Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Jangan Diabaikan

Ada sejumlah tanda dan gejala defisiensi yang Anda alami jika Anda kekurangan vitamin C. Sebagian besar terkait dengan gangguan dalam produksi kolagen atau tidak cukup mengonsumsi antioksidan.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 06 Desember 2021  |  14:59 WIB
4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Jangan Diabaikan
Vitamin C -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Tubuh membutuhkan nutrisi tambahan yang digunakan untuk menunjang kinerja tubuh. Nutrisi tambahan ini biasa kita sebut dengan vitamin.

Karena manusia tidak dapat membuat senyawa dalam jumlah besar, kita perlu mengonsumsinya secara teratur untuk mencegah kekurangannya. Vitamin umumnya berasal dari makanan, buah-buahan dan sayur-sayuran segar,serta suplemen.

Ada macam-macam vitamin, dan semuanya merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin C.

Ada sejumlah tanda dan gejala defisiensi yang Anda alami jika Anda kekurangan vitamin C. Sebagian besar terkait dengan gangguan dalam produksi kolagen atau tidak cukup mengonsumsi antioksidan.

Beberapa tanda awal lainnya termasuk:

· Kelelahan

· Gusi berdarah

· Mudah memar dan berdarah

· Gigi tanggal

· Sistem kekebalan yang buruk

· Kelelahan

· Kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

· Nyeri sendi, serta

· Kulit kasar dan bergelombang

Menurut unggahan kanal Bestie yang bertajuk ‘Vitamin C Deficiency Symptoms That Should Never Be Ignored’, kulit kasar sebenarnya adalah salah satu gejala yang paling umum, namun sering diabaikan. Demikian dilansir dari Express, Senin (6/12/2021).

Karena vitamin C atau ascorbic acid dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen, kulit yang bergelombang dan rusak sering menjadi tanda awal dari kekurangan vitamin C.

Lalu apa saja gejala lainnya?

1. Keratosis pilaris

Apabila tubuh Anda kekurangan vitamin C selama lebih dari tiga bulan, Anda mungkin bisa mengalami keratosis pilaris. Kondisi ini menimbulkan bercak kasar dan benjolan kecil seperti kulit ayam.

Keratosis pilaris juga menyebabkan protein keratin menumpuk dalam pori-pori kulit Anda.

Biasanya, kondisi yang menyerupai kulit ayam ini akan terbentuk di bagian belakang lengan atas, paha atau bokong Anda.

Namun, keratosis pilaris dapat disebabkan oleh hal lain, sehingga kehadirannya tidak cukup untuk menunjukkan bahwa Anda kekurangan vitamin C.

2. Rambut di tubuh berbentuk bengkok atau melingkar

Gejala lain dari kekurangan vitamin C adalah rambut di tubuh berbentuk bengkok atau melingkar. Rambut yang tumbuh dalam bentuk bengkok atau melingkar ini terjadi karena cacat yang berkembang pada struktur protein rambut saat terbentuk. Ini adalah salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin C.

Rambut ini lebih cenderung mudah patah dan rontok. Tetapi jangan khawatir, karena kelainan pada rambut dapat sembuh dalam waktu satu bulan pengobatan dengan jumlah vitamin C yang cukup.

3. Perdarahan perifolikular

Selain rambut yang tumbuh dalam bentuk bengkok atau melingkar, Anda mungkin akan menjumpai folikel rambut berwarna merah cerah.

Saat tubuh kekurangan vitamin C, pembuluh darah kecil di permukaan kulit menjadi rapuh dan mudah pecah. Inilah yang menyebabkan bintik-bintik kecil berwarna merah terang muncul di sekitar folikel.

Komplikasi ini dikenal sebagai perdarahan perifolikular. Biasanya, dengan pemberian dosis suplemen vitamin C, kondisi ini dapat sembuh dalam waktu dua minggu.

4. Kuku berbentuk sendok

Gejala aneh lainnya yang menjadi tanda kekurangan vitamin C adalah kuku berbentuk sendok. Sementara mereka lebih erat terkait dengan kekurangan zat besi, kuku cekung, tipis dan rapuh bisa menjadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin.

Untungnya, semua ini dapat dengan mudah disembuhkan dengan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup. Jadi, pastikan agar mengonsumsi cukup vitamin C.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin c vitamin
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top