Anthony Fauci/istimewa
Health

Ilmuwan Top AS Anthony Fauci Sebut Varian Omicron 'Lebih Jinak' dari Delta

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 8 Desember 2021 - 15:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan top AS Anthony Fauci mengatakan indikasi awal menunjukkan varian Omicron COVID-19 tidak lebih buruk daripada jenis sebelumnya, dan mungkin lebih ringan.

Namun, dia mengatakan perlu waktu berminggu-minggu untuk menilai tingkat keparahannya.

Kepala penasihat medis Presiden Joe Biden itu membagi yang diketahui dan tidak diketahui tentang Omicron menjadi tiga bidang utama: penularan, seberapa baik ia menghindari kekebalan dari infeksi dan vaksin sebelumnya, dan tingkat keparahan penyakit.

Varian baru "jelas sangat menular," sangat mungkin lebih dari Delta, strain global yang dominan saat ini, kata Fauci.

Berdasarkan data epidemiologi dari seluruh dunia, katanya, varian ini juga menunjukkan infeksi ulang lebih tinggi dengan Omicron.

Tapi, soal tingkat keparahan, hampir pasti tidak lebih parah dari Delta, kata Fauci.

"Ada beberapa saran bahwa itu bahkan mungkin kurang parah, karena ketika Anda melihat beberapa kelompok yang diikuti di Afrika Selatan, rasio antara jumlah infeksi dan jumlah rawat inap tampaknya lebih sedikit dibandingkan dengan Delta. "

Tetapi dia mencatat bahwa penting untuk tidak menginterpretasikan data ini secara berlebihan karena populasi yang diikuti cenderung muda dan kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit. Penyakit parah juga bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk berkembang.

Fauci mengatakan virus yang lebih menular yang tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah dan tidak menyebabkan lonjakan rawat inap dan kematian adalah "skenario kasus terbaik".

Skenario terburuknya adalah tidak hanya sangat menular, tetapi juga menyebabkan penyakit parah dan kemudian Anda memiliki gelombang infeksi lain yang belum tentu tumpul oleh vaksin atau oleh infeksi sebelumnya dari orang-orang.

"Saya tidak berpikir bahwa skenario terburuk akan terjadi, tetapi Anda tidak pernah tahu."

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro