Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Membuat Bawahan Merasa Dihargai Atasan

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan, agar bawahan Anda merasa dihargai yang juga terinspirasi dari The Five Love Languages ​​karya Gary Chapman.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  13:12 WIB
Cara Membuat Bawahan Merasa Dihargai Atasan
Ilustrasi - Cambridgeinternational

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali jika kita ingin menunjukan kepada karyawan bahwa mereka dihargai dengan kenaikan gaji, hal ini bisa menjadi salah atau tidak sesuai dengan keinginan karyawan itu sendiri.

Bukan hanya itu, beberapa alasan utama dari karyawan dalam meninggalkan perusahaan mereka adalah dikarenakan atasan mereka.

Kemudian, bagaimana cara meningkatkan hubungan antara manajer dan karyawan dengan memahami berdasarkan kepribadian para karyawan?

Dilansir dari Fast Company (7/12/21), berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yang juga terinspirasi dari The Five Love Languages karya Gary Chapman.

1. Waktu

Waktu adalah salah satu sumber daya yang paling berharga dikarenakan tidak dapat diperbaharui. Anda perlu menghargai waktu bagi para pekerja, namun juga habiskan waktu bersama dengan karyawan Anda.

Hal ini menjadi penting untuk saling menghargai waktu satu sama lain, mengingat waktu merupakan sumber daya yang terbatas.

2. Imbalan

Imbalan bersifat nyata. Hal ini dapat menjadi sesuatu yang dapat dipahami bagi para karyawan untuk memahami nilai mereka untuk Anda. Anda dapat memberikan gaji yang adil, memberikan bonus kinerja, membeli hadiah penghargaan atau mengizinkan mereka mengerjakan proyek khusus yang mereka minati.

3. Pengakuan dan apresiasi

Pengakuan datang dalam berbagai bentuk, tetapi pada akhirnya Anda memberitahu karyawan Anda bahwa Anda memperhatikan mereka.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan memberikan jabatan yang pantas untuk mereka terima, pengakuan secara formal di publik, menunjukan rasa terima kasih, dan lain-lainnya.

Meskipun mungkin dianggap kecil, luangkan waktu untuk berterima kasih kepada karyawan Anda. Ini tidak hanya meningkatkan moral karyawan Anda, namun juga dapat meningkatkan kebahagiaan Anda.

4. Menolong

Bantuan memang terkadang sulit untuk diterima. Namun Anda tidak dapat melakukan semuanya dengan sendiri.

Salah satu cara untuk menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda menghargai mereka adalah dengan membantu mereka menjadi lebih baik dan lebih sukses.

Anda dapat membantu mereka menghilangkan hambatan atau membuat rencana pertumbuhan karier.

5. Koneksi

Cara yang baik untuk menunjukan bahwa Anda menghargai mereka adalah dengan memperhatikan apa yang mereka pedulikan.

Anda dapat menunjukan bahwa Anda mengetahui nama anggota keluarga mereka, nama peliharaan mereka sebagai bentuk bahwa Anda sebenarnya mendengarkan mereka.

Karyawan Anda mencari hubungan emosional dan rasa memiliki. Untuk itu, tunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda menghargai persahabatan di antara Anda berdua.

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan bagaimana setiap karyawan memandang nilai tersebut.

Anda dapat memastikan dengan menanyakan karyawan Anda mengenai bagaimana manajer mereka mengenai mereka, baik itu dipandang baik atau buruk.

Kemudian, Anda dapat membandingkan jawaban tersebut untuk memastikan apakah ada ketidaksesuaian dalam menunjukkan dan mempersepsikan nilai.

Penting untuk menerapkan cara menunjukkan nilai sesering mungkin dan mengungkapkan penghargaan kepada karyawan dengan cara yang paling mereka pahami.

Dengan memperlakukan setiap orang sebagai individu, maka dengan efektif menunjukan kepada karyawan bahwa sebenarnya mereka adalah penting. Kita semua dapat berbuat lebih baik untuk membantu karyawan melihat bahwa mereka sangatlah berharga untuk organisasi atau perusahaan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

profesional Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top