Ilustrasi Salad Asparagus untuk diet vegan. /myfoodbook.com.au
Health

6 Manfaat dan Kelebihan Diet Vegan

Ni Luh Anggela
Jumat, 10 Desember 2021 - 11:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Dikenal dapat membantu menurunkan berat badan, faktanya diet vegan juga menawarkan beragam manfaat kesehatan. Ini karena diet vegan mengecualikan semua produk hewani, termasuk daging, susu dan teluar, sehingga kaya nutrisi dan rendah lemak jenuh.

Penelitian menunjukkan bahwa diet vegan dapat meningkatkan kesehatan jantung, melindungi tubuh dari kanker serta menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Melansir Healthline, Jumat (10/12/2021), berikut enam manfaat diet vegan yang berbasis sains.

1. Membantu menurunkan berat badan berlebih

Beralih ke diet vegan dengan harapan dapat menurunkan berat badan berlebih mungkin adalah alasan yang bagus.

Banyak penelitian observasional yang menunjukkan bahwa vegan cenderung lebih kurus dan memiliki indeks masa tubuh (BMI) lebih rendah daripada nonvegan.

Diet vegan secara alami cenderung mengurangi asupan kalori Anda. Inilah yang membuat mereka efektif dalam menurunkan berat badan tanpa harus secara aktif fokus pada pengurangan kalori.

2. Lebih kaya nutrisi

Saat Anda beralih ke pola makan vegan, itu artinya Anda akan menghilangkan daging dan produk hewani dari daftar makanan Anda. Sebagai gantinya, Anda akan lebih banyak mengonsumsi biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Beberapa penelitian telah melaporkan bahwa diet vegan cenderung memberikan lebih banyak serat, antioksidan, dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat. Mereka juga lebih kaya akan potasium, magnesium, folat, serta vitamin A, C, dan E.

Namun, jika tidak direncanakan dengan baik, Anda mungkin akan kekurangan beberapa nutrisi utama.

3. Melindungi tubuh dari kanker tertentu

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar sepertiga dari semua kanker dapat dicegah oleh faktor-faktor yang dapat Anda kendalikan, termasuk diet.

Vegan umumnya makan jauh lebih banyak kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran daripada nonvegan. Ini mungkin menjelaskan mengapa tinjauan terhadap 96 penelitian menemukan bahwa vegan 15 persen lebih rendah terkena atau meninggal akibat kanker.

Bahkan, aspek-aspek tertentu dari diet vegan dapat menawarkan perlindungan terhadap kanker prostat, payudara dan usus besar.

4. Menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan fungsi ginjal

Vegan cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dan sensitivitas insulin yang lebih tinggi. Dan mungkin, mereka memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Studi bahkan melaporkan bahwa diet vegan menurunkan gula darah pada penderita diabetes lebih banyak daripada diet dari American Diabetes Association (ADA) dan Program Pendidikan Kolesterol Nasional.

Selain itu, mereka juga dapat membantu mencegah berkembangnya masalah medis lebih lanjut.

5. Mengurangi rasa sakit akibat radang sendi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet vegan dapat membantu memperbaiki gejala rheumatoid arthritis, termasuk nyeri, pembengkakan sendi dan kekakuan di pagi hari.

Nah kandungan antioksidan, probiotik dan serat yang lebih tinggi dari diet vegan, mungkin bertanggung jawab atas manfaat baik ini.

6. Risiko penyakit jantung yang lebih rendah

Lebih banyak makan buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan, dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Beberapa penelitian terkontrol secara acak melaporkan bahwa diet vegan jauh lebih efektif dalam mengurangi gula darah, kolesterol LDL, dan kadar kolesterol total daripada pola makan yang dibandingkan.

Ini mungkin sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung karena mengurangi tekanan darah tinggi, kolesterol dan kadar gula darah, serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 46 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro