Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gratis, Ini Cara Klaim Kacamata BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan menyediakan layanan klaim alat kesehatan seperti kacamata, alat bantu dengar, dan collar neck.
Tresia
Tresia - Bisnis.com 10 Desember 2021  |  15:22 WIB
Gratis, Ini Cara Klaim Kacamata BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan menyediakan layanan klaim kacamata secara gratis - Fashionmio
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Setiap masyarakat Indonesia bisa melakukan klaim kacamata dengan mudah dan cepat, saat menggunakan BPJS Kesehatan.

Adapun program BPJS kesehatan memang banyak menawarkan layanan kesehatan, tak hanya layanan kesehatan rawat jalan atau rawat inap di rumah sakit, termasuk dengan klaim kacamata. 

BPJS kesehatan kini juga menyediakan layanan klaim alat kesehatan untuk pesertanya. Mulai dari kacamata alat bantu dengar,collar neck dan kruk, prostesa gigi, prostesa alat bantu gerak kaki dan tangan palsu. 

Melansir dari situs BPJS Kesehatan, berikut adalah langkah mudah untuk mengklaim alat kesehatan kacamata menggunakan BPJS.

1. Tahap pertama 

Anda tidak bisa langsung membeli kacamata ke optik dengan membawa kartu peserta BPJS kesehatan. Namun, Anda wajib mengunjungi Puskesmas, klinik atau dokter sesuai dengan Fasker 1.

Saat disana, Anda bisa melakukan konsultasi mengenai masalah yang terjadi pada mata anda. Setelah itu dokter yang menangani anda, akan mengambil langkah tindakan apa yang harus dilakukan. Lalu, melakukan pengobatan terlebih dahulu atau bila kasus nya parah, tentu Anda akan segera dirujuk ke poli mata. 

2. Tahap kedua 

Bila anda mendapat rujukan ke polimata. Ikutilah prosedur rawat jalan tingkat lanjutan atau RJTL yang berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan baik.  Yaitu periksa mata sesuai prosedur dari poli yang sudah dirujuk. 

3. Tahap ketiga

Kemudian, dokter di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), akan memberikan resep untuk melakukan pembelian kacamata ke optik yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Tentunya, hanya ke optik yang dirujuk oleh BPJS kesehatan saja. Tidak bisa sembarang optik. 

4. Tahap keempat

Untuk mengklaim kacamata menggunakan BPJS Kesehatan, maka Anda bisa melakukan legalisir resep kacamata ke loket RS, kemudian Anda bisa langsung mendatangi optik yang menjadi rekanan BPJS Kesehatan. Lakukan pembelian kacamata yang diinginkan atau sesuai yang anda butuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPJS Kesehatan kacamata
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top