Kondom dapat memberikan perlindungan terhadap penularan HPV. Sayangnya, mereka tidak 100 persen efektif, karena HPV ditularkan terutama melalui kontak kulit ke kulit. Virus masih bisa menginfeksi kulit yang tidak tertutup kondom./Freepik
Health

Kenali Gejala, Risiko Infeksi, dan Perawatan HPV Pada Pria

Annasa Rizki Kamalina
Senin, 13 Desember 2021 - 19:40
Bagikan

Tes Infeksi, Perawatan, dan Cara Mencegah HPV

Tes untuk Infeksi HPV pada Pria

Untuk mendiagnosis kutil kelamin pada pria, dokter akan memeriksa secara visual area genital pria untuk melihat apakah ada kutil. Beberapa dokter akan menerapkan larutan cuka untuk membantu mengidentifikasi kutil yang tidak muncul dan terlihat. Tapi tes ini tidak mudah. Terkadang kulit normal salah diidentifikasi sebagai kutil.

Tidak ada tes rutin bagi pria untuk memeriksa jenis HPV risiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker. Namun, beberapa dokter mendesak tes Pap dubur untuk pria gay dan biseksual, yang berisiko lebih tinggi terkena kanker dubur yang disebabkan oleh HPV. Dalam tes Pap dubur, dokter mengumpulkan sel-sel dari anus, dan kemudian memeriksanya untuk kelainan di laboratorium.

Perawatan untuk Infeksi HPV pada Pria

Tidak ada pengobatan untuk infeksi HPV pada pria jika tidak ada gejala. Sebaliknya, dokter mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus HPV.

Ketika kutil kelamin muncul, berbagai perawatan dapat digunakan. Pasien dapat mengoleskan krim resep di rumah. Atau dokter dapat mengangkat atau membekukan kutil melalui pembedahan.

Pengobatan dini kutil tidak dianjurkan oleh beberapa dokter karena kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya. Jadi seseorang yang melakukan pengobatan kutil mungkin memerlukan perawatan lain di kemudian hari.

Kanker dubur dapat diobati dengan radiasi, kemoterapi, dan pembedahan. Perawatan spesifik tergantung pada stadium.

Cara Mencegah Penyebaran HPV

Membatasi jumlah pasangan seks dan memilih pasangan yang memiliki sedikit atau tidak memiliki pasangan di masa lalu menjadi salah satu cara mencegah penyebaran HPV.

Kondom dapat memberikan perlindungan terhadap penularan HPV. Sayangnya, mereka tidak 100 persen efektif, karena HPV ditularkan terutama melalui kontak kulit-ke-kulit. Virus masih bisa menginfeksi kulit yang tidak tertutup kondom.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini terhadap wanita muda yang baru saja aktif secara seksual, mereka yang pasangannya menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks, 70 persen lebih kecil kemungkinannya untuk terkena infeksi HPV dibandingkan wanita yang pasangannya menggunakan kondom kurang dari 5 persen setiap saat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro