smartCARD, alat untuk mengecek kolesterol melalui handphone di rumah/futurity.org
Health

Cara Cek Kadar Kolesterol Menggunakan Handphone

Tresia
Rabu, 15 Desember 2021 - 16:49
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Anda merasa was-was kolesterol bakal naik? Begini cara cek kadar kolesterol di rumah menggunakan handphone.

Pengecekan kadar kolesterol biasanya dilakukan di rumah sakit atau klinik kesehatan. Namun, kini ada aplikasi yang memungkinkan Anda mengecek kolesterol di rumah melalui handphone.

smartCARD (smartphone Cholesterol Application for Rapid Diagnostic) merupakan aplikasi kolesterol yang digunakan untuk mendiasnotik kadar kolesterol pada tubuh. Hebatnya, Anda dapat melakukan pengecekan kolesterol bisa dilakukan dirumah dan hanya menggunakan ponsel pintar atau smartphone.

Perangkat smartCARD dikembangkan oleh para insinyur dari Cornell University. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

smartCARD dapat digunakan dengan menjepitnya pada kamera ponsel. Lalu, Lampu kilat internalnya akan memberikan cahaya yang seragam dan tersebar untuk menerangi strip uji yang sesuai dengan pembaca smartCARD.

Anda bisa mengunduh (download) aplikasi terintegrasi smartCARD di handphone. Nantinya, perangkat smartCARD bisa langsung mengkalibrasi saturasi rona ke nilai warna gambar pada strip tes kolesterol dan Hasilnya akan muncul melalui handphone.

Melansir dari situs Asme, splikasi smartCARD secara optik mampu mendeteksi biomarker pada setetes darah, air liur, bahkan keringat.

Erickson, seorang profesor teknik mesin di Cornell University mengatakan bahwa melalui analisis warna, aplikasi smartCARD mampu membedakan hasilnya.

"Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tes kolesterol hanya memakan waktu sekitar satu menit terhitung dari Ketika seseorang yang menggunakan aplikasi tersebut meletakkan setetes cairan seperti darah, air liur dan keringat mereka pada strip tes kolesterol," ujarnya seperti dikutip, Rabu (15/12/2021).

Lebih lanjut, Ericson menjelaskan saat pengguna aplikasi smartCARD meletakkan setetes darah pada strip tes kolesterol, tetesan darah akan langsung diproses melalui langkah-langkah pemisahan dan reaksi kimia.

Kemudian strip tersebut siap untuk dianalisis kalorimetri melalui aplikasi handphone.

Selain itu, dia mengungkapkan aplikasi smartCARD juga dapat melakukan pengecekan kolesterol tentu adanya kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya.

"Karena setiap orang tentu sudah mengerti bagaimana menggunakan smartphone, melalui aplikasi smartCARD ini akan sangat membantu pengguna dalam melakukan pengecekan kolesterol di rumah," imbuhnya.

Penemuan ini merupakan hasil kolaborasi Profesor Erickson dengan para ilmuwan lainnya seperti ahli nutrisi, insinyur listrik, dan bioengineer. Dia menegaskan bahwa perangkat smartCARD yang dibuatnya memiliki hasil yang sangat akurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro