Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Omicron, Ini 15 Makanan yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Untuk mencegah Covid-19 omicron masuk ke tubuh, maka setiap orang harus mengonsumsi makanan bergizi.
Tresia
Tresia - Bisnis.com 20 Desember 2021  |  16:15 WIB
Biji bunga matahari mengandung vitamin B6 dan E untuk mencegah radang dan infeksi Covid-19 Omicron - Istimewa
Biji bunga matahari mengandung vitamin B6 dan E untuk mencegah radang dan infeksi Covid-19 Omicron - Istimewa

Bisnis.com, Jakarta - Mengonsumsi makanan yang bergizi bisa membantu menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari infeksi Covid-19 Omicron.

Mengutip dari Healthline, Senin (20/12/2021), di saat pandemi masyarakat mulai memilih makanan yang sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imun yang  bagus bisa mencegah masuknya virus Covid-19 Omicron. Berikut adalah daftar 15 makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh. 

1. Buah jeruk

Untuk mencegah infeksi Covid-19 Omicron, banyak orang mengonsumsi buah jeruk guna membantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Dengan berbagai pilihan, mudah untuk menambahkan perasan vitamin ini ke makanan apa pun.

Buah jeruk yang populer meliputi:

- jeruk bali

- jeruk

- jeruk clementine

- jeruk keprok

- jeruk lemon

- jeruk nipis

2. Paprika merah

Jika menurut Anda buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah maka paprika merah mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C (127 mg) sebagai jeruk Florida (45 mg).

Paprika bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, vitamin C dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit . Beta karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A , membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Brokoli

Brokoli sangat kaya dengan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan. Brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah Covid-19 Omicron. Riset menyebutkan bahwa mengukus brokoli adalah cara memasak yang tepat.

4. Bawang putih

Bawang putih ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Ini menambahkan sedikit semangat untuk makanan dan itu harus dimiliki untuk kesehatan Anda.

Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah.

5. Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang banyak digunakan saat sakit. Jahe bisa membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang.

Jahe juga dapat membantu mengatasi mual. Meskipun digunakan dalam banyak makanan penutup yang manis, jahe memberikan rasa panas dalam bentuk gingerol, sejenis capsaicin. Jahe juga bisa mengurangi nyeri kronis dan bahkan mungkin memiliki khasiat penurun kolesterol.

6. Bayam

Bayam mengandung antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh kita.

Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat jika dimasak sesedikit mungkin agar nutrisinya tetap terjaga. Namun, memasak ringan membuatnya lebih mudah menyerap vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat.

bayam tingkatkan imun tubuh, makanan cegah covid omicron

7. Yoghurt

Yogurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang bagus, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin ini. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

8. Almond

Almond memiliki kandungan antioksidan kuat dan mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

9. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari penuh dengan nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6 dan E. Vitamin E penting dalam mengatur dan menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain dengan jumlah vitamin E yang tinggi termasuk alpukat dan sayuran hijau gelap.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan tips sehat jahe Covid-19 omicron
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top