Ilustrasi pasangan manipulatif dan emosional/Freepik
Relationship

Hubungan Toxic, Ini 12 Tanda Pasangan Berkata Kasar

Annasa Rizki Kamalina
Rabu, 22 Desember 2021 - 15:30
Bagikan

Mengabaikan Perasaan, Menyalahkan, dan Tidak Mengizinkan Merespon

  1. Mengancam akan melakukan kekerasan fisik

Implikasi bahwa mereka akan memukul Anda bisa sama merusaknya dengan benar-benar memukul Anda. Ancaman bisa menjadi lebih kuat jika mereka menjanjikan kekerasan fisik. Mereka mungkin mengambil langkah ke arah Anda, seolah-olah mereka akan menyerang Anda saat mereka berbicara. 

  1. Mengabaikan perasaan 

Seringkali, pelaku kekerasan verbal akan mengabaikan perasaan korbannya. Jika Anda mengatakan bahwa Anda merasa sakit hati, ia akan mengatakan bahwa Anda bereaksi berlebihan.

Jika Anda mulai menangis, dia akan mengatakan bahwa Anda berperan sebagai korban. Mereka mungkin juga menyalahgunakan Anda, bertindak seolah-olah Andalah yang memiliki masalah karena bereaksi begitu keras terhadap pelecehan mereka.

  1. Tidak Mengizinkan Anda Untuk Merespon

Seseorang yang kasar secara verbal mungkin tidak memberikan Anda hak untuk menjawab. Jika Anda mencoba menanggapinya, mereka mungkin membicarakan Anda, meniru Anda, atau terlibat dalam perilaku kekanak-kanakan lainnya untuk membungkam Anda.

Mereka tidak ingin memiliki percakapan yang seimbang dan merata. Sebaliknya, mereka hanya ingin Anda mendengarkan saat mereka berbicara kepada Anda.

  1. Terus berargumen

Menurut Healthline, argumen terus menerus adalah salah satu tanda bahaya yang menunjukkan pelecehan verbal. Seorang pelaku akan terus mengungkit masalah lama yang sama, meskipun masalah itu sebenarnya sudah selesai. Anda akan mendapati diri Anda harus menjelaskan diri Anda berulang-ulang.

  1. Memberikan hukuman

Bagian dari pelecehan verbal adalah menghukum korban ketika pelaku tidak mendapatkan apa yang diinginkannya. Misalnya, jika mereka mencoba memanipulasi Anda untuk melakukan sesuatu dan Anda tidak melakukannya, mereka mungkin memberi Anda perlakuan diam sebagai tanggapan. Hukuman seperti ini dirancang untuk membuat Anda merasa tidak nyaman dan seolah-olah Anda telah melakukan hal yang salah dengan menentangnya, meskipun Anda tidak melakukannya.

  1. Menyalahkan dan bertindak seperti korban

Pelaku kekerasan verbal akan menyalahkan korbannya. "Ini salahmu aku menjadi sangat marah!" atau “Anda menyebabkan konflik ini dengan menolak melakukan apa yang saya katakan.” Pelaku bertindak seperti korban dan mencoba untuk mendapatkan simpati. Ia akan mencoba dan membenarkan perilaku buruknya.

  1. Bertindak berbeda di sekitar orang lain

Akhirnya, pelaku kekerasan verbal sering bertindak berbeda ketika mereka berada di sekitar orang lain. Mereka mungkin memperlakukan Anda dengan sopan saat berada di sekitar teman dan keluarga. Hanya ketika Anda berada di rumah dan tidak ada seorangpun di sana yang menyaksikannya, mereka melepaskan omelan kasar mereka. Perilaku ini tidak dapat diterima dan Anda harus selalu mengeksplorasi pilihan Anda jika Anda berada di pihak penerima.

Tanda-tanda tersebut termasuk dalam red flags atau tanda bahaya bahwa Anda mendapati kekerasan secara verbal. Buatlah keputusan yang tepat untuk menghadapi kondisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro