Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksin 2 Dosis Potensi Melindungi dari Covid-19 Berat Akibat Omicron

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19  dua dosis tetap berpotensi melindungi dari Covid-19 berat, meskipun kadar antibodinya berkurang.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 06 Januari 2022  |  10:46 WIB
Seorang tenaga kesehatan mengambil swab dari seorang penumpang untuk tes PCR  Covid-19 sebelum bepergian ke Uganda, di tengah penyebaran Virus Corona varian baru, Omicron, di Bandara Internasional O.R. Tambo di Johannesburg, Afrika Selatan, Minggu (28/11/2021). - Antara
Seorang tenaga kesehatan mengambil swab dari seorang penumpang untuk tes PCR Covid-19 sebelum bepergian ke Uganda, di tengah penyebaran Virus Corona varian baru, Omicron, di Bandara Internasional O.R. Tambo di Johannesburg, Afrika Selatan, Minggu (28/11/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kemampuan antibodi setelah vaksin Covid-19 ditemukan lebih rendah untuk melawan varian Omicron, sehingga memunculkan kekhawatiran di masyarakat.

Jangan terlalu khawatir. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19  dua dosis tetap berpotensi melindungi dari Covid-19 berat, meskipun kadar antibodinya berkurang.

Dikutip dari akun Instagram @adamprabata, Kamis (6/1/2022), bahwa selain antibodi, sel limfosit T (sel T) adalah salah satu kekebalan yang dapat muncul setelah vaksinasi atau terkena Covid-19 secara alami.

Berdasarkan hasil penelitian Bartoletti, 2021, bahwa sel T berperan penting untuk melindungi orang yang sudah divaksinasi dari penularan Covid-19 berat.

Kekebalan sel T setelah vaksinasi dua dosis tetap mampu melawan varian Omicron.

Mengutip hasil penelitian Keeton, 2021, bahwa sekitar 70 persen hingga 80 persen kemampuan sel T setelah vaksinasi Covid-19 dua dosis masih bertahan untuk melawan varian Omicron.

Jadi, orang yang sudah mendapatkab vaksin Covid-19 dua dosis tetap memiliki imunitas sel T yang mampu melawan varian Omicron, sehingga tetap berpotensi untuk mencegah Covid-19 berat.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top