Seorang tenaga kesehatan mengambil swab dari seorang penumpang untuk tes PCR  Covid-19 sebelum bepergian ke Uganda, di tengah penyebaran Virus Corona varian baru, Omicron, di Bandara Internasional O.R. Tambo di Johannesburg, Afrika Selatan, Minggu (28/11/2021)./Antara
Health

Vaksin 2 Dosis Potensi Melindungi dari Covid-19 Berat Akibat Omicron

Nancy Junita
Kamis, 6 Januari 2022 - 10:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kemampuan antibodi setelah vaksin Covid-19 ditemukan lebih rendah untuk melawan varian Omicron, sehingga memunculkan kekhawatiran di masyarakat.

Jangan terlalu khawatir. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19  dua dosis tetap berpotensi melindungi dari Covid-19 berat, meskipun kadar antibodinya berkurang.

Dikutip dari akun Instagram @adamprabata, Kamis (6/1/2022), bahwa selain antibodi, sel limfosit T (sel T) adalah salah satu kekebalan yang dapat muncul setelah vaksinasi atau terkena Covid-19 secara alami.

Berdasarkan hasil penelitian Bartoletti, 2021, bahwa sel T berperan penting untuk melindungi orang yang sudah divaksinasi dari penularan Covid-19 berat.

Kekebalan sel T setelah vaksinasi dua dosis tetap mampu melawan varian Omicron.

Mengutip hasil penelitian Keeton, 2021, bahwa sekitar 70 persen hingga 80 persen kemampuan sel T setelah vaksinasi Covid-19 dua dosis masih bertahan untuk melawan varian Omicron.

Jadi, orang yang sudah mendapatkab vaksin Covid-19 dua dosis tetap memiliki imunitas sel T yang mampu melawan varian Omicron, sehingga tetap berpotensi untuk mencegah Covid-19 berat.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro