Ginjal sehat/boldsky.com
Health

10 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Ginjal Rusak, Termasuk Duduk Terlalu Lama

Ni Luh Anggela
Selasa, 11 Januari 2022 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kesehatan kita tergantung dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari termasuk apa yang kita makan, apa yang kita lakukan dan masih banyak lagi. Dan tanpa kita sadari, ada beberapa perilaku yang justru dapat memperburuk organ tubuh kita, salah satunya adalah ginjal.
 
Salah satu organ tubuh dengan fungsi vital ini setiap harinya menyaring sekitar 200 liter darah. Tidak hanya bertugas menyaring darah, ginjal juga memiliki fungsi lainnya, seperti menyaring dan membuang limbah, mengatur sel darah merah, mengendalikan keseimbangan air, mengatur tekanan darah dan kadar garam, hingga mengatur keseimbangan asam-basa tubuh. Jadi, bisa dibayangkan bukan apa yang terjadi bila ginjal Anda rusak?
 
Untuk menghindari kondisi ini, ada baiknya Anda mengetahui beberapa kebiasaan sepele yang justru dapat memperburuk ginjal Anda. Kira-kira apa saja? Berikut kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, melansir Kidney.org, Selasa (11/1/2021).

1. Terlalu sering menggunakan obat pereda nyeri

Meskipun obat pereda nyeri yang dijual bebas dapat membantu meringankan rasa sakit dan nyeri Anda, sayangnya obat tersebut bisa membahayakan ginjal, terutama bila Anda sudah memiliki penyakit ginjal.
 
Agar kondisi ini tidak semakin parah, kurangi penggunaan obat pereda nyeri, seperti NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid) secara teratur dan jangan pernah melebihi dosis yang dianjurkan.

2. Menyalahgunakan salt shaker

Diet tinggi garam sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah, pada gilirannya bisa membahayakan ginjal Anda. Daripada menggunakan garam, pilih bumbu dan rempah-rempah untuk membumbui makanan Anda. Seiring waktu, Anda akan terbiasa untuk menghindari penggunaan garam tambahan (natrium) pada makanan Anda.

3. Makan-makanan olahan

Makanan olahan merupakan sumber natrium dan fosfor yang signifikan. Bila Anda sudah terlanjur memiliki penyakit ginjal, Anda harus membatasi fosfor dalam makanan Anda.
 
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan pada orang tanpa penyakit ginjal, mungkin berbahaya bagi ginjal dan tulang mereka. Untuk membantu membangun kebiasaan makan yang sehat, cobalah mengadopsi diet DASH.

4. Kurang minum air putih

Tetap terhidrasi dengan baik dapat membantu ginjal Anda menjalankan tugasnya, untuk membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Dengan minum banyak air, Anda bisa terhindar dari penyakit batu ginjal yang menyakitkan.
 
Hanya saja, orang yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan mereka, tetapi untuk bagi mereka yang sehat, minum 1,5 hingga 2 liter air per harinya adalah target yang sehat.

5. Kurang tidur di malam hari

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas memiliki peran besar dalam kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk ginjal. Ini karena fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

6. Makan daging berlebihan

Faktanya, protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah, yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis – suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat.
 
Memang protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan tubuh, namun ini harus dibarengi dengan makan buah-buahan dan sayuran yang seimbang.

7.  Terlalu banyak makan makanan tinggi gula

Gula berkontribusi terhadap obesitas, yang dapat meningkatkan risiko terkena dua penyebab utama penyakit ginjal: tekanan darah tinggi dan diabetes. Selain pada dessert, gula juga sering ditambahkan ke makanan dan minuman yang mungkin tidak Anda anggap manis. Bumbu, sereal sarapan dan roti putih misalnya, merupakan sumber gula olahan yang ‘licik’, karena itu, Anda perlu menghindarinya dengan cara memerhatikan bahan saat membeli barang kemasan untuk menghindari gula tambahan dalam makanan Anda.

8. Merokok

Kita tahu bahwa merokok tidak baik untuk paru-paru dan jantung Anda. Tapi, tahukah Anda bahwa merokok juga tidak baik bagi ginjal? Faktanya, orang yang merokok lebih cenderung memiliki protein dalam urin, yang merupakan salah satu tanda kerusakan ginjal.

9.  Konsumsi alkohol berlebihan

Minum alkohol lebih dari empat gelas per harinya, telah ditemukan mampu menggandakan risiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, peminum berat yang juga merokok, memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah ginjal. Mereka  lima kali lebih mungkin mengembangkan penyakit ginjal kronis dibandingkan orang yang tidak merokok atau minum alkohol secara berlebihan.

10. Duduk terlalu lama

Duduk dalam waktu yang lama telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal. Meskipun peneliti belum tahu sebabnya atau bagaimana waktu menetap atau aktivitas fisik berdampak langsung pada kesehatan ginjal, diketahui bahwa aktivitas fisik yang lebih besar dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah dan metabolisme glukosa, yang mana keduanya merupakan faktor penting dalam kesehatan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro