Gula darah/boldsky.com
Health

4 Kiat Jaga Gula Darah Tetap Normal

Ni Luh Anggela
Senin, 17 Januari 2022 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda sedang mencari cara untuk menjaga sistem imun Anda, terutama di masa pandemi, maka ada satu bahan makanan yang perlu Anda hindari yaitu gula.

Saat kadar gula darah Anda tinggi, yang bisa dipicu oleh beragam faktor, itu dapat membawa Anda kepada resistensi insulin dan obesitas yang mendorong inflamasi sitokin, merusak pembuluh darah dan mengaktifkan sistem imun tubuh untuk memperbaiki area tersebut.

Ini pada akhirnya dapat membuat sistem imun menjadi terganggu dan membuka jalan bagi bakteri dan virus berbahaya untuk menyelinap melalui pertahanan tubuh kita.

Selain menyebabkan diabetes, orang yang sudah menderita diabetes akan lebih sulit untuk melawan virus pernapasan.

Mengapa demikian? Menurut penelitian, virus SARS-CoV-2 diketahui dapat memperburuk kontrol gula darah dalam jangka pendek dan berpotensi membuat penderita diabetes berada dalam bahaya. Ini dilakukan dengan mengikat dirinya ke reseptor yang ditemukan pada sel beta pankreas yang memproduksi insulin.

Bila sudah begini, satu-satunya cara adalah dengan menghilangkan kelebihan gula dari daftar makanan Anda. Selain gula darah Anda lebih terkontrol, fungsi sistem imun Anda juga akan meningkat.

Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan gula darah Anda?

Melansir CNCB, Senin (17/1/2022), Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

1. Kurangi konsumsi gula

Permen, kue, soda dan makanan manis lainnya adalah beberapa makanan yang perlu Anda hindari. Sebab, makanan dan minuman ini sebetulnya tidak memberikan nilai gizi apapun dan tentunya, mengandung banyak gula.

Nah sebagai gantinya, pilihlah cokelat hitam, buah beri atau camilan rendah gula lainnya.

"Tidak masalah mengonsumsi dessert sesekali. Tetapi di awal, penting untuk mencapai target dimana gula darah Anda stabil dan sehat," kata Heather Moday Ahli Alergi dan Imunologi.

2. Periksa jumlah gula tambahan dalam kemasan

Meski terdengar melelahkan, memeriksa jumlah gula tambahan pada kemasan sebelum membeli produk merupakan salah satu cara untuk melindungi Anda dari gula darah tinggi.

American Heart Association merekomendasikan untuk tidak lebih dari enam sendok teh gula tambahan per harinya untuk wanita dan sembilan sendok teh untuk pria.

Ingat, Anda masih bisa mendapatkan gula alami dari buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

3. Makan lebih banyak serat

Tahukah Anda obat terbaik untuk melawan gula? Ya, tentu saja serat. Tidak hanya membantu pencernaan Anda, serat juga dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah Anda yang pada akhirnya melindungi Anda dari lonjakan gula.

Jika Anda bingung dari mana Anda bisa memperoleh serat, Moday menyarankan untuk mencoba kacang hitam, lentil, alpukat, pir, raspberry dan barley.

4. Fokus pada makanan bernutrisi

Alih-alih fokus pada pengurangan kalori, cobalah untuk lebih banyak menambahkan nutrisi ke dalam makanan Anda dengan banyak protein dan lemak sehat.

Anda tidak harus mengurangi karbohidrat, tetapi cukup menggantinya dengan karbohidrat yang tepat.

Faktanya, makan karbohidrat dalam bentuk sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan utuh yang kaya mineral dan vitamin, merupakan cara yang bagus untuk mencegah rasa lapar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro