varises/halodoc
Health

10 Obat Varises yang Aman di Rumah dan Secara Medis

Annasa Rizki Kamalina
Senin, 17 Januari 2022 - 20:15
Bagikan

Gunakan Pakaian Longgar, Pijat dan Bergerak

7. Pilih pakaian yang longgar

Mengenakan pakaian ketat dapat membatasi aliran darah. Seseorang mungkin menemukan bahwa sirkulasi mereka ditingkatkan dengan mengenakan pakaian longgar yang tidak membatasi suplai darah ke tubuh bagian bawah.

Mengenakan sepatu datar daripada sepatu hak tinggi juga dapat membantu mengatasi varises di kaki.

8. Jaga agar kaki tetap tinggi

Menjaga kaki tetap tinggi, idealnya pada ketinggian yang sama dengan jantung atau di atasnya akan membantu meningkatkan sirkulasi. Hal tersebut akan mengurangi tekanan di pembuluh darah kaki dan gravitasi akan membantu darah mengalir lancar kembali ke jantung.

Seseorang harus berusaha untuk menjaga kaki mereka tetap tinggi jika mereka akan duduk untuk waktu yang lama, seperti selama bekerja atau istirahat.

9. Pijat

Memijat dengan lembut area yang terkena dapat membantu menjaga darah tetap mengalir melalui pembuluh darah. Seseorang dapat menggunakan minyak pijat lembut atau pelembab untuk efek yang optimal.

Namun, sangat penting untuk menghindari penekanan langsung ke pembuluh darah, karena ini dapat merusak jaringan yang rapuh.

10. Terus bergerak

Hindari duduk dalam waktu lama. Jika seseorang harus duduk untuk waktu yang lama, mereka harus berusaha untuk bangun dan bergerak atau sering mengubah posisi agar aliran darah tetap lancar.

Hindari duduk dengan kaki bersilang, karena hal ini dapat semakin membatasi aliran darah ke tungkai dan kaki, yang dapat menambah masalah sirkulasi.

Cara Mengobati Varises Secara Medis

Jika pengobatan rumahan tidak membantu, Anda dapat mencoba secara medis. Seorang dokter mungkin menyarankan pengobatan berikut ini:

- Ablasi endotermal – Ini adalah prosedur di mana panas digunakan untuk menutup pembuluh darah yang terkena.

- Flebektomi rawat jalan – Di sinilah dokter akan menusuk kulit dan mengeluarkan varises melalui celah kecil. 

- Skleroterapi – Prosedur ini menggunakan busa khusus untuk menutup pembuluh darah dan mengecilkannya.

- Ligasi dan stripping – Dalam prosedur ini, varises diangkat melalui pembedahan.

- Operasi laser – Semburan laser yang intens diarahkan ke pembuluh darah, membuatnya secara bertahap memudar dan menghilang.

- Operasi vena endoskopi – Selama operasi ini, kamera video kecil dimasukkan ke dalam kaki untuk membantu ahli bedah melihat lebih baik. Pengangkatan vena kemudian dilakukan melalui serangkaian sayatan kecil.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Sebisa mungkin terus aktif bergerak dan hindari melakukan hal yang membuat sirkulasi darah tidak lancar. Segera konsultasi ke dokter jika masalah sulit teratasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro