Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ciri-ciri Ada Stalker di akun WhatsApp, Facebook, dan Snapchat Anda

Ini ciri-ciri jika akun media sosial Anda dikuntit orang, seperti berikut ini
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  08:07 WIB
WhatsApp grup
WhatsApp grup

Bisnis.com, JAKARTA -  Hampir semua orang punya media sosial di gadgetnya, karena ini memudahkan mereka terkoneksi dengan orang lain.

Tapi, banyak juga yang merasa khawatir privasinya terganggu karena media sosial, apalagi jika ada yang menguntitnya diam-diam.

Melansir The Sun, Ini ciri-ciri jika akun media sosial Anda dikuntit orang, seperti berikut ini :

Tanda seseorang menguntit Anda di WhatsApp

WhatsApp, yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna, adalah salah satu aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan.

Tentu saja, dengan jumlah pengguna yang tinggi, banyak juga penguntit media sosial yang sering mengunjungi aplikasi tersebut.

Satu bendera merah yang harus diwaspadai adalah seseorang yang terus-menerus online saat Anda online, atau lebih buruk lagi, seseorang yang mengirimi Anda pesan segera setelah Anda online.

Petunjuk lain bahwa seseorang menguntit WhatsApp Anda adalah jika mereka secara konsisten memperhatikan dan mengomentari perubahan dalam pembaruan status atau gambar profil Anda.

Tanda seseorang menguntit Anda di Facebook

Facebook adalah salah satu aplikasi yang telah membentuk dunia, namun, banyak yang merasa puas dengan bagaimana dan apa yang mereka bagikan, meninggalkan banyak informasi mereka secara terbuka tersedia untuk penguntit.

Salah satu petunjuk bahwa Anda mungkin memiliki penguntit Facebook adalah jika seseorang (bisa seseorang yang Anda kenal atau tidak) menyukai dan mengomentari posting lama Anda karena ini menunjukkan bahwa mereka secara metodis mengintai halaman Anda.

Tanda bahaya potensial lainnya adalah jika seseorang mulai muncul di beberapa grup milik Anda karena itu bisa berarti mereka tidak hanya merayap di halaman Anda tetapi juga mencoba mengintegrasikan diri mereka ke dalam hidup Anda melalui minat Anda.

Tanda seseorang menguntit Anda di Snapchat

Snapchat adalah salah satu aplikasi perpesanan instan paling populer, dan juga salah satu yang terbaik untuk memberi tahu Anda jika seseorang terus-menerus memeriksa kiriman Anda.

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah Anda memiliki penguntit Snapchat adalah dengan melihat apakah mereka telah mengambil tangkapan layar Snaps atau Stories Anda.

Dan karena Snapchat memberi tahu pengguna setiap kali seseorang men-screenshot postingan mereka, informasi ini sangat mudah diakses.

Indikator potensial lain dari penguntit Snapchat adalah seseorang yang melihat cerita Anda dengan cepat dan sering, yang dapat Anda periksa dengan menggesek Cerita Anda dari bawah.

Bagaimana melindungi diri Anda dari penguntit media sosial

Dalam beberapa kasus penguntit media sosial tidak berbahaya, namun di lain waktu bisa berubah menjadi obsesi atau sesuatu lebih parah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu waspada dengan apa yang Anda bagikan di media sosial dan dengan siapa Anda membagikannya.

Anda harus menjaga kerahasiaan informasi pribadi, menggunakan pengaturan privasi, dan menghindari menambahkan orang asing.

Anda juga harus tetap waspada terhadap bagaimana seseorang terlibat dengan akun Anda dan bagaimana perasaan Anda, memblokir dan/atau melaporkan siapa pun yang membuat Anda merasa tidak aman atau tidak nyaman.

Dan tentu saja, berkonsultasi dengan penegak hukum adalah tindakan terbaik jika Anda merasa ada ancaman langsung terhadap Anda.

“Banyak orang tidak ingin pergi ke polisi karena mereka pikir fakta bahwa mereka terus-menerus menerima pesan bukanlah hal yang penting, tetapi itu bisa sangat penting,” kata Rory Innes dari Cyber Helpline UK.

Jika polisi, untuk alasan apa pun menolak kasus Anda, Anda juga dapat berbicara dengan spesialis cyberstalker yang dapat membantu Anda menavigasi langkah selanjutnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hacker media sosial
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top