Rambut rontok/klikdokter
Health

5 Faktor Penyebab Rambut Rontok, Kurang Nutrisi hingga Turun Berat Badan 

Annasa Rizki Kamalina
Kamis, 20 Januari 2022 - 12:16
Bagikan

Ternyata ini penyebab rambut rontok

3. Penurunan Berat Badan

Ketika orang kehilangan berat badan yang signifikan, mereka mungkin mengalami kerontokan rambut. Namun, orang cenderung mengalami hal ini dalam situasi ekstrem, seperti operasi dan mengikuti diet yang tidak memberikan kalori atau nutrisi yang cukup.

Anda mungkin berpikir bahwa kekurangan nutrisi dapat menyebabkan kerontokan rambut setelah operasi penurunan berat badan (bariatrik), dan ini benar. Namun, yang menarik, pada beberapa orang penyebabnya mungkin sebenarnya adalah stres akibat operasi dan penurunan berat badan yang cepat setelahnya.

Itulah mengapa penting bagi orang yang telah menjalani operasi bariatrik untuk mengonsumsi suplemen mikronutrien. Ini membantu mencegah kerontokan rambut yang terkait dengan operasi, serta komplikasi serius lainnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan yang cepat sering dialami di antara orang-orang yang mengikuti diet yang sangat rendah kalori dan ketat juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.


4. Penggunaan suplemen

Mengonsumsi beberapa nutrisi dalam bentuk suplemen dapat membantu rambut Anda tetap sehat dan tumbuh dengan optimal. Namun, mengambil jenis suplemen lain dapat memiliki efek sebaliknya. Bahkan, beberapa suplemen dikaitkan dengan rambut rontok.

Jika Anda tidak memiliki kekurangan nutrisi, mengonsumsi suplemen gizi dengan dosis tinggi tertentu dapat membahayakan rambut Anda. Suplemen ini termasuk yang mengandung selenium, vitamin E, dan vitamin A.

Misalnya, kelebihan vitamin A karena mengonsumsi suplemen dapat memenuhi organ hati Anda, di mana tempat kelebihan vitamin A biasanya disimpan.

Ketika ada terlalu banyak vitamin A untuk ditangani hati, kelebihan vitamin akan masuk ke sirkulasi darah dan mengarah ke tekanan tinggi dalam darah.

Karena mempertahankan kadar vitamin A dalam darah yang optimal sangat penting untuk fungsi folikel rambut, jumlah nutrisi yang berlebihan ini dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut. Memiliki terlalu banyak vitamin A dalam sistem Anda juga disebut hipervitaminosis A. Asupan nutrisi yang berlebihan dari makanan juga dapat menyebabkan rambut rontok

Satu laporan kasus menemukan bahwa seorang wanita yang mengkonsumsi 10-15 kacang-kacangan yang mengandung selenium tinggi per hari selama 20 hari, meningkatkan masalah kesehatan yang parah dan kehilangan semua rambut di kepalanya.

Ahli kesehatan menemukan bahwa kadar selenium dalam darahnya hampir lima kali lebih tinggi dari kisaran normal. Dokter beralasan bahwa ini adalah penyebab kerontokan rambutnya.

Apa yang memprihatinkan adalah bahwa banyak suplemen yang mengklaim untuk meningkatkan pertumbuhan rambut mengandung sejumlah besar nutrisi yang dapat menyebabkan rambut rontok jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Suplemen makanan lainnya, termasuk suplemen herbal, juga dapat menyebabkan rambut rontok, terutama pada dosis tinggi. Itulah mengapa pentingnya berbicara dengan ahli kesehatan tepercaya sebelum Anda mulai mengonsumsi suplemen.

5. Faktor Lain

Faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan rambut rontok Menurut penelitian, faktor-faktor lain juga dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko kerontokan rambut, antara lain:

- Rokok
- Alkohol
- Stres
- Kurang tidur

Jika Anda ingin membatasi faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan rambut rontok, pertimbangkan untuk menghindari merokok, membatasi asupan alkohol Anda, tidur yang optimal, dan mengelola tingkat stres Anda.

Dalam kombinasi dengan diet bergizi, tindakan ini dapat membantu menjaga rambut Anda sehat dan mengurangi risiko kerontokan rambut.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kerontokan rambut, termasuk kondisi medis, disregulasi hormonal, dan infeksi. Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang signifikan, penting untuk mengunjungi ahli kesehatan untuk menemukan penyebab kerontokan rambut Anda sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan yang Anda butuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro