Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda Sederhana Anda ‘Klik’ dengan Seseorang

Dalam studi pertama ini, para peneliti menemukan orang lebih mungkin merasakan hubungan sosial yang lebih kuat jika waktu respon selama percakapan lebih pendek.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  19:30 WIB
Ilustrasi - Idiva
Ilustrasi - Idiva

Bisnis.com, JAKARTA – Pernah berada di posisi dimana Anda baru pertama kali menjumpai orang yang benar-benar asing namun rasanya Anda seperti sudah lama mengenal mereka dan merasa ‘klik’ atau cocok?

Sebuah tim di Dartmouth College baru-baru ini mencoba untuk mempelajari sains seputar mengapa seseorang bisa langsung cocok satu sama lain dengan beberapa orang sedangkan yang lain tidak.

“Ini adalah salah satu metafora yang paling kuat untuk koneksi sosial. Tapi bagaimana kita tahu ketika dua orang merasa ‘klik’ satu sama lain?” tulis para peneliti, melansir Yahoo Life, Selasa (25/1/2022).

Penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences ini meminta sepasang teman dan orang asing untuk berbicara satu sama lain dan menilai hubungan perasaan mereka.

Menariknya, hasil penelitian menunjukkan bahwa baik untuk teman maupun orang asing, kecepatan dalam merespons merupakan prediktor kuat dari perasaan terhubung.

Studi ini melibatkan 66 peserta yang mengambil bagian dalam 10 percakapan, masing-masing dengan pasangan berbeda dari jenis kelamin yang sama. Mereka dapat memilih topik pembicaraan apapun ketika percakapan itu direkam oleh peneliti.

Peserta kemudian menonton sebuah video yang diputar dan menilai seberapa terhubung perasaan mereka saat melakukan obrolan.

Dalam studi pertama ini, para peneliti menemukan orang lebih mungkin merasakan hubungan sosial yang lebih kuat jika waktu respon selama percakapan lebih pendek.

Anggota studi pertama ini kembali diundang untuk menemui teman dekat mereka dan mengulangi percobaan. Sementara teman dekat mendapatkan nilai yang tinggi dibandingkan orang asing, waktu respon masih menentukan saat-saat dimana mereka merasa lebih kuat terhubung.

Dalam studi ketiga, peserta diajak untuk mendengarkan klip audio percakapan dimana waktu respons antara pembicara telah dimanipulasi.

Sekali lagi, pengamat pihak ketiga merasa pembicara lebih terhubung ketika waktu respons mereka lebih cepat daripada lambat.

Hal ini menunjukkan bahwa waktu respons seseorang merupakan indikasi kuat tentang seberapa terhubung mereka dengan orang lain secara sosial. Dengan kata lain, seberapa cepat Anda membalas obrolan seseorang, dapat menjadi tanda kecocokan dengan seseorang.

“Hasil kami menunjukkan bahwa semakin cepat orang merespon satu sama lain, semakin mereka merasa terhubung,” kata Emma Templeton, mahasiswa pascasarjana dan penulis pertama dari Dartmouth College.

Penulis senior Profesor Thalia Wheatley juga menambahkan bahwa studi mereka adalah yang pertama untuk melihat betapa berartinya kesenjangan tersebut dalam hal koneksi.

“Ketika seseorang merasa hampir bisa menyelesaikan kalimat satu sama lain, mereka menutup celah 250 milidetik itu, dan saat itulah dua orang merasa cocok satu sama lain,” kata Wheatley.

Namun, jika Anda benar-benar belum yakin apakah Anda cocok dengan seseorang atau tidak, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Jurnal Psychological Bulletin menemukan bahwa orang berperilaku dengan cara tertentu ketika mereka tertarik atau merasa ‘klik’ dengan seseorang.

Tanda-tanda lainnya termasuk memulai percakapan, ingin berada dalam jarak fisik yang dekat dan mencerminkan perilaku orang lain. Jadi, bila Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, kemungkinan Anda telah merasa ‘klik’ atau cocok dengan seseorang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Relationship tips cinta
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top