Raffi Ahmad/instagram
Entertainment

Daftar Artis Pemilik Klub Sepak Bola, dari Raffi Ahmad Hingga Prilly Latuconsina

Akbar Evandio
Senin, 31 Januari 2022 - 18:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Sepak bola saat ini tidak terbatas sebagai olahraga yang digemari oleh masyarakat. Bahkan, di balik kesenangan yang dirasakan para penggemar olahraga ini kini menjadi lahan bisnis yang menggiurkan.

Buktinya, para artis mulai berbondong-bondong melakoni tren bisnis dengan memiliki klub sepak bola sebagai salah satu investasi usaha mereka. Tidak hanya memiliki saham, tetapi mereka turut mengelola manajemen klub tersebut.

Bisnis merangkum hingga saat ini terdapat enam artis Tanah Air yang telah terjun menjadi pemilik klub sepak bola di Indonesia. Berikut adalah deretan artis pemilik klub sepak bola di Indonesia:

1. Raffi Ahmad

Nama Raffi Ahmad menjadi salah satu pionir seorang artis memiliki klub sepak bola, di mana dengan menaungi label RANS, suami Nagita Slavina tersebut mengakuisisi klub sepak bola Cilegon yang saat ini berganti nama menjadi RANS Cilegon FC.

Tidak berjuang sendirian, pria kelahiran 17 Februari 1987 ini mengakuisisi klub sepak bola tersebut bersama dengan pengusaha Rudi Salim.

Bahkan, saat hadir sebagai bintang tamu di kanal YouTube Vega Darwanti TV, Raffi Ahmad mengungkapkan uang yang harus dikucurkan untuk RANS Cilegon FC dalam jangka waktu satu tahun, yaitu sekitar Rp20 Miliar.

“Kan ada dua nih, ada biaya akuisisi, misalnya liga satu, ada liga dua. Terus, ada biaya opex (operasional) setahunnya. [Biaya opex itu] ada bayar gaji pemain, gaji pengurus, untuk lapangan, perawatan dan lain-lain. Pokoknya mobilitas opex itu setiap tahun kira-kira kirasan Rp 20 miliar, hampir, itu setahun," kata Raffi Ahmad, dikutip dari kanal YouTube Vega Darwanti TV, Senin (31/1/2022).

2. Atta Halilintar

Konten kreator dan Youtuber Atta Halilintar bersama Putra Siregar pun merambah bisnis di dunia olahraga setelah resmi mengumumkan akuisisi klub sepak bola liga 2 Indonesia PSG Pati. Mereka kemudian mengubah namanya menjadi AHHA PS Pati FC.

Salah satu tugas dari, Suami Aurel Hermansyah ini adalah menggunakan keahliannya di dunia konten kreator digital memajukan AHHA PS Pati FC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 3 halaman
Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro