Ilustrasi wanita alami gejala awal Covid-19/Freepik.com
Health

Ini Olahraga dan Makanan Bagi Pasien Covid-19 Agar Cepat Sembuh

Nabila Dina Ayufajari
Jumat, 4 Februari 2022 - 21:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mungkin banyak orang yang bertanya, apa diet yang optimal bagi orang dengan infeksi aktif Covid-19? Lalu, apa yang harus difokuskan untuk pulih dari gejala yang tersisa?

Apakah aman untuk olahraga saat terinfeksi Covid Omicron? Melansir dari Eat This, Jumat (4/2), ini adalah saran diet dan olahraga yang dianjurkan bagi Anda yang sedang terinfeksi Covid-19.

  1. Menjaga tetap terhidrasi

Terutama untuk varian Omicron terbaru, sakit tenggorokan merupakan gejala yang menonjol dari gejalanya. Latonya Fore, MSN, APRN-CNP, Nurse Practitioner, mengatakan bahwa orang yang sakit tenggorokan dapat meningkatkan hidrasi dengan teh dan cairan hangat lainnya, yang memiliki manfaat tambahan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Covid-19 juga dapat menyebabkan muntah dan diare, jadi sangat penting untuk tetap terhidrasi.

"Ketika Anda benar-benar sakit dengan Covid-19, Anda mungkin mengalami nyeri otot, demam, hidung tersumbat, mual, dan/atau muntah. Pada tahap ini, dorong cairan," saran Judy Barbe, RD, Dietitian Nutritionist.

"Simpan air di samping tempat tidur. Minum jus, Gatorade, kaldu, teh panas, atau air madu lemon, atau jilat makanan beku," lanjutnya.

  1. Pilih makanan yang lembut dan sederhana

Pilih makanan yang mudah dimakan, seperti roti, biskuit, sup, dan jeruk.

Fore merekomendasikan untuk menambah produk makanan yang lunak, seperti ayam panggang atau rebus, telur, susu rendah lemak, yogurt, dan mentega kacang agar pilihan makanan tidak akan membuat Anda merasa mual tetapi akan memberi Anda nutrisi.

  1. Bangun kekebalan tubuh dengan diet padat nutrisi

Konsumsi makanan bergizi adalah hal penting dalam keadaan sehat atau tidak. Jika Anda terinfeksi Covid, maka konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral akan membantu Anda menuju pemulihan dengan cepat. 

Barbe mencatat bahwa sementara makanan hambar, seperti roti panggang dan teh, akan membantu Anda melewati hari-hari berenergi rendah. Jadi, penting untuk konsumsi makanan dengan health dividends yang lebih tinggi sesegera mungkin.

"Makan sepanjang hari dan pilih makanan bergizi untuk memastikan Anda mendapatkan energi yang cukup. Sumber protein yang baik (daging, ikan, telur, keju, kacang-kacangan, dan lentil) di setiap makan membantu Anda memulihkan kekuatan dan membangun kembali otot," jelas Barbe.

Kemudian, Fore merekomendasikan konsumsi makanan tinggi vitamin C, vitamin D, dan Zinc. Ikan berlemak, jamur, dan kuning telur menyediakan vitamin D. Lalu, pilihan lainnya yang diperkaya vitamin, seperti susu, jus jeruk, dan beberapa sereal.

Untuk Zinc, Fore merekomendasikan tiram, kepiting, daging tanpa lemak, yogurt, kacang panggang, dan buncis. Jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen, maka Anda perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Temukan makanan yang ditoleransi oleh selera Anda

Salah satu gejala umum Covid-19 adalah hilangnya indera perasa dan penciuman atau perubahan cara indra pengecap Anda melihat makanan. Tentu hal ini akan membuat Anda sulit menemukan makanan yang menarik.

"Makanan manis dan asin mungkin lebih baik dan ditoleransi daripada makanan pahit dan asam," kata Barbe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro