Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wajib Tahu! Ini Manfaat Air Kelapa untuk Lawan Omicron

Air kelapa memiliki sejumlah khasiat untuk menjaga kesehatan di tengah naiknya kasus infeksi Covid-19 varian Omicron.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  10:40 WIB
Air kelapa
Air kelapa

Bisnis.com, SOLO - Menjaga sistem imun tubuh di tengah lonjakan kasus Omicron bisa dilakukan melalui asupan nutrisi, baik lewat konsumsi mineral, protein, dan vitamin, serta cairan, seperti air kelapa.

Selain memiliki manfaat menghidrasi, kelapa diketahui mengandung mineral, sehingga dapat menjaga keseimbangan tubuh dengan lebih baik lagi.

"Cairan tubuh memiliki peran penting dalam memelihara membran sel yang bertugas melindungi semua organ tubuh, sebagai komponen utama dari sel-sel darah putih, dan membantu penyerapan zat gizi serta mendistribusikannya ke seluruh sel yang membutuhkan. Sedangkan mineral mempunyai peran menjaga keseimbangan reaksi kimia di dalam tubuh. Oleh karena itu, kita harus memasukkan cairan lebih banyak saat terinfeksi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi air kelapa," dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., pakar nutrisi dan juga Ketua dari Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA).

Tidak hanya itu, air kelapa ternyata juga memiliki banyak elektrolit yang bisa membantu pemulihan pascainfeksi atau usai berolahraga. Dalam Tabel Komposisi Pangan Indonesia 2019, tercatat air kelapa mempunyai kandungan elektrolit, terutama kalium, kalsium, natrium dan magnesium.

Dalam satu cangkir atau 150 cc air kelapa, terkandung energi total berjumlah 26 kkal, protein 0,3 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 5,7 gram, kalsium 23 miligram, fosfor 12 miligram, zat besi 0,3 miligram, natrium 39 miligram, kalium 224 miligram, magnesium 9 miligram, dan vitamin C 15 miligram.

"Elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium memiliki peran dalam sistem kekebalan dengan mendukung semua aktivitas sel-sel imunitas dalam melawan infeksi," ujar dr.Rita Ramayulis.

Ia menambahkan, "Elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi, dan bahkan memastikan fungsi otot yang tepat. Tentu saja, kita juga harus memastikan kecukupan karbohidrat dan protein pada saat terinfeksi. Selain itu, elektrolit ini juga baik juga dikonsumsi setelah berolahraga."

Lebih jauh, riset pun menunjukkan bahwa air kelapa dapat mendukung pencernaan yang baik, sehingga tubuh dapat melakukan metabolisme dengan maksimal. Disebutkan pula oleh dr. Rita, air kelapa dapat membantu pergerakan usus.

Jika kita tengah sakit atau terinfeksi virus, termasuk Covid-19 tubuh bisa kehilangan sejumlah besar cairan saat kita demam, muntah, dan diare.

Nah, air kelapa ini dapat membantu status hidrasi dan menyeimbangkan elektrolit lebih baik daripada air biasa dalam skenario ini.

Di sisi lain, pada beberapa varian air kelapa, bahkan terdapat pula kandungan vitamin C dan D yang bisa memberikan dukungan kekebalan yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan kelapa omicron

Sumber : Antara

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top