Ilustrasi pria menerima suntikan vaksin/Freepik
Health

Ini Alasan Vaksin Covid-19 Disuntikkan di Lengan Atas

Newswire
Rabu, 16 Februari 2022 - 12:15
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Disuntikkannya vaksin Covid-19 di lengan atas ternyata mengundang pertanyaan, terutama pada orang-orang awam. Lalu, apakah vaksin hanya bisa disuntikkan di lengan atas?

Dilansir dari laman ABC, vaksin Covid-19 dan kebanyakan vaksin lainnya disuntikkan ke deltoid, otot lengan atas yang tebal dan berdaging. Ada beberapa alasan mengapa vaksin disuntikkan ke otot atau yang disebut injeksi intramuskular.

“Tidak seperti lapisan lemak di bawah kulit kita, otot memiliki suplai darah yang sangat baik untuk membantu menyebarkan vaksin,” kata peneliti imunologi di Walter and Eliza Hall Institute, Joanna Groom.

Otot mengandung dan merekrut sel-sel kekebalan yang disebut sel dendritik yang mengambil antigen dengan cepat dan menempelkannya di permukaannya seperti bendera. Lalu, sel dendritik bermigrasi ke kelenjar getah bening, tempat bertemunya sistem kekebalan.

Di sana, ia bertemu sel T dan Sel B, sel darah putih yang mempertahankan tubuh dari patogen tertentu. Sel dendritik akan menunjukkan benderanya ke sel T dan B sampai menemukan sel yang mengenali antigen. Lalu, mereka membuat sinyal untuk berkembang biak dan dalam kasus sel B, mulai membuat antibodi.

“Dalam kasus vaksin Covid-19, amplifikasi itu berarti mereka dapat memblokir protein lonjakan SARS-CoV-2 sehingga virus tidak bisa lagi masuk ke dalam sel. Tapi, mereka juga mulai membentuk kumpulan memori berumur panjang, itu yang benar-benar kita inginkan dari hasil vaksin” kata Groom.

Di sisi lain, laman The Conversation menyebut, salah satu faktor yang menentukan lokasi pemberian vaksin adalah ukuran otot. Orang dewasa dan anak-anak berusia di atas tiga tahun cenderung menerima vaksin di lengan atas mereka di deltoid.

Sementara itu, anak yang lebih kecil menerima vaksin di bagian tengah paha karena otot lengan mereka lebih kecil dan kurang berkembang.

Pertimbangan lain adalah kenyamanan pasien. Meski sebenarnya Anda bisa divaksin di paha, kebanyakan orang tidak akan menyukai melepaskan celana saat vaksinasi massal. Menggulung lengan baju dipandang sebagai cara yang lebih mudah, lebih disukai, serta bisa mempersingkat waktu dan antrian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro