Ilustrasi menangis/News.com.au
Health

Ini Manfaat Menangis untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Newswire
Senin, 21 Februari 2022 - 12:12
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pernahkah Anda menangis, lalu langsung merasa lebih baik setelahnya? Jika iya, hal itu sebetulnya normal saja. Pasalnya, menangis memang dapat membantu Anda merasa lebih baik secara mental dan emosional.

Kendati demikian, tidak ada patokan pasti tentang seberapa sering kita harus benar-benar menangis. Namun, American Psychological Association mengungkapkan bahwa perempuan rata-rata menangis air mata emosional 30 hingga 64 kali per tahun, sedangkan laki-laki menangis 5 hingga 17 kali per tahun.

Ini berarti perempuan mungkin menangis beberapa kali dalam sebulan, sementara laki-laki mungkin menangis sebulan sekali atau setiap bulan.

Nah, lalu apa saja manfaat menangis bagi kesehatan fisik dan mental ini? Berikut ulasannya.


Menangis bermanfaat untuk mata

Guna memahami manfaat menangis bagi mata, penting untuk mengetahui bagaimana berbagai jenis air mata bekerja dan perannya dalam melindungi kesehatan mata kita.

Mata sebenarnya menghasilkan tiga jenis air mata. Pertama adalah air mata sekresi basal yang dibuat oleh mata kita secara teratur untuk menjaga dirinya tetap ternutrisi, bersih, dan bebas dari bakteri. Ini umumnya selalu ada.

Jenis air mata kedua adalah air mata refleks. Ia merupakan respons seperti refleks terhadap hal-hal, seperti asap, partikel di mata kita, atau saat memotong bawang. Lalu, jenis ketiga adalah air mata emosional. Ia dihasilkan sebagai respons terhadap emosi.

"Air mata emosional unik karena mengandung protein dan hormon yang tidak ditemukan dalam sekresi basal atau air mata refleks. 'Aditif' ini dapat memiliki sifat relaksasi atau penghilang rasa sakit yang membantu mengatur tubuh dan mengembalikannya ke keadaan semula," ucap dokter mata, Diane Hilal-Campo, seperti dilansir dari laman Real Simple pada Rabu (29/9/2021).

Dr Hilal-Campo lalu mengatakan bahwa menangis membantu rehidrasi mata yang mana dapat meningkatkan penglihatan secara keseluruhan. Lebih jauh, air mata juga memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri.

"Air mata membersihkan dan membantu menghilangkan iritasi yang berpotensi merusak mata Anda setiap hari. Air mata adalah 98 persen air, tetapi juga mengandung garam, minyak lemak, dan 1.500 protein berbeda, serta bahan kimia antibakteri yang dikenal sebagai lisozim yang membantu melawan infeksi," jelasnya


Menangis adalah katarsis emosional

Menangis adalah cara alami untuk menunjukkan atau melepaskan emosi. Kita bisa menangis karena sedih, marah, atau gembira, di antara perasaan lainnya. Secara historis, sebuah riset membuktikan bahwa menangis memiliki efek katarsis yang dapat membuat kita lega.

Teori lain dalam sejumlah penelitian pun menunjukkan bahwa penghambatan ekspresi, atau tidak menangis, dapat meningkatkan perkembangan masalah kesehatan mental dan bahkan penyakit.

"Pernahkah Anda mendengar istilah 'anak perempuan atau laki-laki besar tidak menangis'? Sebenarnya semua manusia dapat memperoleh manfaat dari tangisan yang baik. Kita tidak dimaksudkan untuk menahan sesuatu, berpura-pura kita memiliki semuanya bersama-sama, dan memalsukan jalan hidup kita. Sama seperti panci mendidih di atas kompor dengan tutupnya, emosi ini harus keluar," kata konselor kesehatan mental, Kelly Houseman.

Studi menunjukkan bahwa emosi yang kuat, seperti menangis, bisa menjadi hasil dari energi emosional yang berlebihan sehingga air mata benar-benar membantu melepaskannya.

"Menangis yang baik adalah pelepasan katarsis dan sering kali menghasilkan perasaan lebih ringan dan lebih jernih ketika selesai. Ini juga merupakan cara untuk terhubung dengan kemanusiaan dan membantu dengan empati. Setiap orang berurusan dengan emosi yang berat dan terkadang tangisan yang baik adalah cara sempurna untuk memprosesnya," kata Houseman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro