Ilustrasi berkumur/
Health

Cek Fakta : Kumur Air Garam Panas dapat Menghilangkan Virus Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 4 Maret 2022 - 11:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar sebuah narasi melalui pesan Whatsapp yang menginformasikan bahwa Ilmuwan Jerman menemukan cara untuk menghilangkan virus Covid-19, yaitu dengan berkumur dengan air garam panas.

Narasi tersebut menyatakan bahwa dalam sebuah eksperimen telah menunjukkan bahwa dengan berkumur dengan larutan air dan garam, kita terus-menerus mengubah tenggorokan kita menjadi lingkungan yang sepenuhnya basa, dan lingkungan ini adalah lingkungan terburuk untuk virus corona, karena dengan air garam, pH mulut berubah menjadi basa.

pH, dan jika kita berkumur beberapa kali sehari dengan berkumur dengan air garam agak panas, kita tidak memberi kesempatan pada virus corona untuk berkembang biak

Oleh karena itu, semua orang perlu berkumur dengan larutan garam agak panas beberapa kali sehari sehari terutama di pagi hari dan sebelum meninggalkan rumah dan setelah kembali ke rumah, agar tidak memungkinkan virus Corona berkembang biak sama sekali. dalam periode awal yang sama.

Mengutip covid19.go.id, setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Tidak ada pernyataan resmi dan valid bahwa berkumur dengan air garam panas dapat menghilangkan virus Covid-19.

Selain itu, narasi pesan Whatsapp tersebut tidak menyebutkan secara spesifik nama Ilmuwan Jerman yang memberikan klaim dan tidak ada berita atau penelitian dari Jerman yang menginformasikan hal tersebut.

Dengan demikian, narasi pada pesan Whatsapp yang menginformasikan bahwa Ilmuwan Jerman menyebutkan berkumur dengan air garam panas dapat menghilangkan virus Covid-19 tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro