Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/DW.com
Health

Alasan dan Penyebab Orang Tidak Kena Covid di Tengah Gempuran Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 8 Maret 2022 - 19:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak di antara kita yang belum terinfeksi virus corona meskipun tinggal di lingkungan yang sama dan dalam kondisi yang sama.

Jadi apa yang membuat orang-orang ini "tak terkalahkan" oleh virus corona?

​Apa yang menyebabkan mereka tak terinfeksi?

Sebuah studi oleh Imperial College London mengatakan bahwa ada beberapa orang yang memiliki tingkat sel T yang lebih tinggi, sejenis sel memori dalam sistem kekebalan, yang dikembangkan dari virus corona flu biasa lainnya; dan orang-orang ini menunjukkan kekebalan terhadap virus corona yang saat ini menyebabkan COVID.

“Kami menemukan bahwa tingkat tinggi sel T yang sudah ada sebelumnya, yang dibuat oleh tubuh ketika terinfeksi virus corona manusia lainnya seperti flu biasa, dapat melindungi dari infeksi Covid-19,” Dr. Rhia Kundu, penulis studi tersebut, dilansir dari Times of India.

Ada sejumlah virus corona yang ada di dunia, salah satunya flu biasa. Sesuai penelitian meskipun semua coronavirus berperilaku berbeda, ada karakteristik tertentu di mana mereka mirip satu sama lain. Mungkin karena kesamaan ini, sel-sel kekebalan dapat mengenalinya dan melawan virus segera setelah tubuh terpapar sehingga individu tidak terkena COVID.

Apakah mereka kebal atau hanya tidak dites covid saja?

Ini bisa memicu perdebatan. Kita semua tahu betapa miringnya pengujian COVID. Under-testing telah menjadi perhatian para ahli dan ilmuwan kesehatan dan dikatakan menghambat studi penelitian tentang infeksi tersebut.

Under-testing dapat menjadi perhatian serius karena sejauh ini merupakan satu-satunya cara untuk membedakan antara individu yang bergejala dan tanpa gejala.

Banyak orang tanpa gejala tidak melakukan tes karena mereka tidak menunjukkan penyakit, sehingga mereka mungkin melihat diri mereka sebagai "seseorang dengan kekebalan yang kuat" tetapi sebenarnya mereka berkontribusi menyebarkan infeksi sebanyak orang yang terinfeksi.

Faktor genetik

Faktor genetik berperan dalam menentukan kerentanan seseorang terhadap COVID. Studi telah menemukan bahwa hubungan antara genetika dan sistem kekebalan tubuh dan infeksi COVID-19 juga penting untuk dipahami.

Para peneliti mengatakan bahwa perilaku antigen leukosit manusia menentukan respons seseorang terhadap COVID.

“Gen kunci yang mengontrol respons imun Anda disebut antigen leukosit manusia atau gen HLA. Mereka penting untuk menentukan respons Anda saat bertemu dengan SARS-CoV-2. Misalnya, orang dengan gen HLA-DRB1*1302 secara signifikan lebih mungkin mengalami infeksi simtomatik,” papar Danny Altmann, profesor imunologi di Imperial College London.

Apakah orang-orang ini perlu divaksinasi?

Bagaimana jika Anda hanya beruntung sampai saat ini. Kemungkinan tetap bebas dari virus di masa depan dapat dikesampingkan mengingat varian yang muncul dan gelombang infeksi baru.

Sejauh ini, vaksinasi hanyalah pelindung paling efektif melawan virus. 

Untuk melindungi dari virus, seseorang pasti perlu divaksinasi. Tidak hanya vaksinasi, seseorang juga harus mendapatkan dosis pencegahan tepat waktu atau suntikan booster.

Mungkinkah orang-orang "tidak ada COVID" ini tidak terkena infeksi selama gelombang pertama dan karena vaksinasi dini, tubuh mereka mengembangkan kekebalan yang sulit untuk diserang virus? Ini bisa menjadi kemungkinan.

Untuk menjelaskan kemungkinan alasan di balik mengapa banyak yang tidak terkena COVID, para ahli mengatakan bahwa kekebalan reaktif silang dan vaksin bermanfaat bagi orang-orang ini.

“Tentu saja kekebalan reaktif silang dari infeksi sebelumnya dengan virus corona flu biasa kemungkinan menjadi kontributor utama, terutama karena orang-orang ini mungkin memiliki manfaat kekebalan tambahan karena juga telah divaksinasi,” ujar Lawrence Young, seorang profesor onkologi molekuler di Universitas Warwick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro