Ilustrasi perempuan makan sayur agar tetap sehat dan awet muda/freepik.com
Health

6 Kebiasaan yang Bisa Diterapkan Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Alifian Asmaaysi
Rabu, 9 Maret 2022 - 08:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki umur panjang dan tubuh yang sehat merupakan kebahagiaan yang diimpikan oleh banyak orang. Simak 6 kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan agar terlihat 10 tahun lebih muda

Manusia tidak bisa memprediksi berapa lama mereka akan hidup di dunia. Seiring berjalannya waktu, kondisi kesehatan fisik biasanya mengalami penurunan. Karena itu, kita  perlu membuat beberapa perubahan sederhana dalam pola hidup sehari-hari. 

Dikutip dari Times of India pada Rabu (9/3/2022), Ahli gizi asal India Dr Amy Shah membagikan beberapa tips kesehatan yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda.

6 kebiasaan sederhana yang bisa Anda terapkan agar terlihat 10 tahun lebih muda 

1. Konsumsi makanan bergizi

Para ahli gizi merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak makanan bergizi dalam makanan. Setidaknya Anda perlu menambahkan lebih dari tiga jenis makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari. Makanan yang sarat dengan nutrisi ini dapat membantu organ internal Anda berfungsi dengan baik.

2. Kurangi Konsumsi Daging Merah

Kurangi asupan daging merah dan makanan olahan. Dr Amy merekomendasikan untuk membatasi asupan daging merah dan olahan menjadi kurang dari lima porsi seminggu. Daging merah sarat dengan kolesterol dan lemak tidak sehat dan asupan yang berlebihan hanya akan membuka jalan bagi masalah yang berhubungan dengan jantung. Selain itu, daging olahan dapat meningkatkan risiko kanker usus dan perut.

3.Rutin Berjemur 

Sinar matahari tidak hanya merupakan sumber vitamin D terbesar, tetapi juga membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati Anda. Vitamin D adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh dan menjaga kesehatan tulang. Duduk selama setengah jam di bawah sinar matahari dapat bermanfaat bagi Anda dalam banyak hal.

4. Kurangi Makan Malam

Cobalah untuk menghindari makan ditengah malam. Setidaknya, Anda bisa berpuasa selama 13 jam atau lebih semalaman. Dengan berpuasa semalaman, Anda memberi kesempatan pada organ tubuh Anda untuk fokus pada proses metabolisme.

5. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Tetap aktif secara fisik sama pentingnya dengan makan sehat atau membuat perubahan lain pada gaya hidup Anda. Bahkan jika Anda tidak menyukai gym atau latihan intens lainnya, Anda dapat kencari alternatif lain seperti berjalan setidaknya 10.000 langkah sehari dapat membantu Anda tetap bugar dan aktif. Cobalah berjalan setidaknya 10 ribu langkah setiap hari mulai hari ini!

6. Kurangi Stres 

Stres dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Rencanakan beberapa kegiatan untuk menghilangkan stres dan menenangkan pikiran Anda. Anda dapat menghabiskan waktu dengan membaca, berjalan-jalan, atau bermeditasi. Cobalah untuk mengikutinya setiap hari untuk menenangkan pikiran Anda dan menyegarkan diri Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro