Ilustrasi orang sedang menyeduh kopi/Freepik
Health

Bahaya! Ini Efek Samping Kopi yang Mengandung Parasetamol dan Sildenafil

Aliftya Amarilisya
Minggu, 13 Maret 2022 - 10:29
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM menemukan adanya kandungan bahan produksi obat, yakni parasetamol dan sildenafil pada merek Kopi Jantan, Kopi Cleng, dan Kopi Bapak.

Kepala Badan POM, Penny K. Lukito menyatakan, bahan-bahan tersebut bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus dan dalam jumlah banyak.

“Jika tidak digunakan sesuai aturan pakai [dosis], bahan kimia obat ini dapat menimbulkan risiko tinggi dan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan,” kata Kepala BPOM, Penny K. Lukito.

Pihaknya menjelaskan, penggunaan paracetamol dan Sildenefil yang tidak tepat bisa mengakibatkan berbagai efek samping, baik ringan maupun berat, hingga menyebabkan kematian.

Parasetamol sendiri dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, alergi, tekanan darah rendah, kelainan darah, dan jika digunakan secara terus-menerus bisa menimbulkan kerusakan pada hati dan ginjal.

Sementara itu, dikutip dari Tempo, sidenafil adalah obat keras yang biasanya diresepkan untuk mengatasi impotensi dan mengurangi tekanan pembuluh darah di paru-paru (hipertensi pulmonal).

Laman Healthline menyebut, seseorang yang mengonsumsi obat ini bisa mengalami efek samping, seperti mimisan, sakit kepala, sakit perut, susah tidur, demam, mual, muntah, sakit tenggorokan, dan pilek.

Dalam beberapa kasus, ia juga bisa menyebabkan peningkatan sesak napas, infeksi pernafasan, bronkitis, pendengaran dan pengelihatan terganggu, tekanan darah rendah, hingga masalah jantung, seperti serangan jantung, stroke, atau detak jantung tidak teratur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro