Ilustrasi kanker prostat/Mayo Clinic
Health

Waspada, Ini 20 Gejala Umum yang Bisa Saja Indikasi Kanker

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 15 Maret 2022 - 12:23
Bagikan

1. Kembung

Kembung adalah tanda paling awal yang paling umum dari kanker ovarium. Kembung pada tahap awal penyakit sebenarnya adalah pembentukan gas di perut sebagai akibat dari pertumbuhan tumor dan menyebabkan peradangan lokal. Kembung juga dikaitkan dengan kanker pankreas, payudara, usus besar, dan perut.

2.  Sakit perut

Ini biasanya terjadi ketika pasien pergi untuk memeriksa sakit perut yang mungkin mereka rasakan. Benjolan ginjal sulit dirasakan karena ginjal terletak jauh di dalam perut, tetapi dapat menyebabkan rasa sakit. Selain kanker ginjal, bisa jadi kanker perut, ovarium, dan pankreas.

3. Batuk

Batuk kering yang persisten biasanya merupakan gejala infeksi saluran pernapasan. Ini juga bisa menjadi tanda alergi. Namun, batuk yang berlangsung beberapa minggu dan tampaknya semakin memburuk mungkin merupakan tanda kanker paru-paru, salah satu kanker paling umum pada pria dan wanita.

4. Perubahan tampilan tahi lalat

Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum di antara pria dan wanita, dan tahi lalat adalah cara yang baik untuk mendeteksinya. Setiap perubahan ukuran, warna, bentuk, atau permukaan tahi lalat, serta munculnya bintik-bintik baru atau pembengkakan baru di luar batas tahi lalat, harus diperiksa.

5. Kenyang lebih awal

Sinyal awal kanker ovarium dapat berupa rasa kenyang setelah makan sedikit saja. Rasa kenyang dini juga bisa menjadi tanda kanker perut. Tumor mendorong usus, yang mendorong perut menghasilkan lebih sedikit ruang untuk makanan.

6. Kram terus-menerus

Ketidaknyamanan perut seperti kram dan nyeri gas mungkin merupakan tanda kanker usus besar jika terus-menerus dan memburuk dari waktu ke waktu. Ketika gejala ini terjadi, kanker biasanya sudah lanjut. Karena sebagian besar gejala kanker usus besar biasanya tidak muncul sampai tumor menyebar.

7. Tekanan pada kandung kemih

Merasakan tekanan atau nyeri di kandung kemih yang tidak hilang setelah satu atau dua minggu adalah tanda yang lebih spesifik dari kanker ovarium. Rasa sakit kemungkinan disebabkan oleh tumor atau cairan di perut yang menumpuk karena tumor. Saat kanker, sakit perut dan tekanan pada kandung kemih cenderung terjadi bersamaan.

8. Infeksi saluran pernafasan yang sering

Kanker paru-paru sangat umum tetapi jarang terdeteksi secara dini. Salah satu gejalanya adalah bronkitis atau pneumonia yang tampaknya tidak hilang, karena tumor di paru-paru dapat menghalangi jalan napas, menyebabkan infeksi yang sering.

9. Kelelahan terus-menerus

Menjadi lelah dan memiliki stamina yang rendah adalah gejala dari banyak kondisi kronis. Orang dengan kanker merasa sangat lemah atau terkuras energinya. Bahkan aktivitas fisik ringan pun melelahkan.

10.  Pendarahan tidak normal

Banyak wanita mengalami tanda pertama kanker rahim yaitu pendarahan vagina yang tidak normal. Terlepas dari apakah itu hanya bercak, aliran encer dan darah, atau pendarahan hebat, itu harus diselidiki terutama jika itu terjadi selama atau setelah menopause. Pendarahan yang tidak teratur juga merupakan tanda umum dari kanker serviks. Ini dapat terjadi di antara periode menstruasi atau setelah berhubungan seks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro